Kapal Harta Karun Muncul Pasca Tsunami Mentawai

Author - December 18, 2010

Kapal Harta Karun Muncul Pasca Tsunami MentawaiBerita Terbaru, Bencana Tsunami yang melanda wilayah Mentawai pada 26 Oktober lalu, telah mengantarkan sebuah kapal harta karun ke daratan. Kapal Harta Karun itu diduga berasal dari china pada abad ke-14. Indonesia selama ini memang masih menyimpan rahasia yang belum terungkapkan. Zaman dahulu kala, Indonesia menjadi salah satu rute perdagangan lewat laut yang menghubungkan Asia, Eropa serta Timur Tengah.

Menurut Guru Besar Geologi ITB, Rubi Rubyandini mengatakan bahwa kemungkinan tenggelam atau terangkatnya suatu benda tergantung pada perbedaan densitasnya atau beratnya. Jika kayu itu memiliki pori-pori maka kayu tersebut akan mengambang dan jika kayu itu tidak memiliki pori-pori, kayu tersebut tidak akan terangkat ke permukaan. Sama halnya dengan besi, jika besi diberi lubang maka besi itu akan mengambang.

Kapal Harta Karun tersebut bisa terangkat ke daratan Mentawai mungkin dari arus Tsunami yang sangat kuat sehingga mendorong kapal terangkat dari permukaan tanah yang begitu lamanya terkubur di dasar laut. Penemuan ini ditemukan pertama kali oleh seorang nelayan yang hendak pergi untuk mencari ikan. Kapal Harta Karun tersebut ditemukan di lokasi yang sama dengan kejadian Tsunami Mentawai. Nelayan tersebut menemukan benda-benda antik seperti keramik hijau dan abu, pot, kendi, mangkuk dan rempah-rempah yang berharga dan juga kalung emas .

Comments are closed.