Kaum Homoseksual Dan Transgender Dapat Dukungan Dari PBB

Author - June 18, 2011

Kaum Homoseksual Dan Transgender Dapat Dukungan Dari PBB – Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Jumat 17/6/2011 telah mengesahkan resolusi yang mendukung hak-hak kaum gay, lesbian, dan transgender. Keputusan itu disahkan setelah voting yang dilakukan oleh anggota Dewan Hak Azazi Manusia.

Pengambilan keputusan sendiri berlangsung dalam sidang Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) di Jenewa, Swiss. Resolusi itu disahkan melalui pemungutan suara para anggota dewan, yaitu 23 mendukung, 19 menolak, tiga abstain, dan dua lainnya tidak menggunakan hak suara.

Dalam deklarasi itu, Dewan HAM PBB menyatakan bahwa hak-hak kaum homoseksual dan transgender merupakan bagian dari hak asasi manusia. Deklarasi itu juga menyampaikan “keprihatinan yang mendalam” atas kesewenang-wenangan yang berlandaskan orientasi seksual.

Dewan HAM juga memandatkan penyusunan laporan global mengenai diskriminasi atas kaum homoseksual, ini termasuk meneliti peraturan dan tindakan yang diskriminatif serta kekerasan kepada kaum homoseksual dan transgender di mancanegara.

Sekedar informasi, sejumlah negara Mereka yang mendukung adalah AS, Uni Eropa, Brazil, dan sejumlah negara Amerika Latin lainnya. Para penentang diantaranya Rusia, Arab Saudi, Nigeria, dan Pakistan. China, Burkina Faso dan Zambia pilih abstain. Kyrgyzstan tidak ikut voting dan Libya sudah diskors dari keanggotaan Dewan HAM karena krisis domestik.

Comments are closed.