Kegemukan Ternyata Bisa Bikin Bodoh

Author - March 6, 2011

Kegemukan Ternyata Bisa Bikin Bodoh – Kegemukan ternyata tidak hanya menimbulkan resiko penyakit jantung,stroke dan diabetes.Baru-baru ini sebuah studi menyebutkan kegemukan ternyata mempengaruhi otak saat mulai lanjut usia.

Hal ini dijelaskan oleh sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Amerika yang memberikan kesimpulan bahwa otak orang yang kegemukan (obesitas) akan mulai memburuk ketika mencapai usia 40 tahun.

Dilansir dari detikhealth,dalam penelitian tersebut, ilmuwan melibatkan partisipan yang bervariasi dengan rentan usia 40 sampai 60 tahun.
Partisipan tersebut dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan berat badan, yaitu normal, overweight (kelebihan berat badan) dan obesitas (kegemukan)Hasilnya, ada sedikit perbedaan pada peserta dari ketiga kelompok, tapi citra MRI menunjukkan adanya penurunan fungsi otak bagian lobus parietalis yang signifikan pada kelompok yang obesitas.

Sudha Seshadri, MD, seorang profesor neurologi dari Boston University School of Medicine menuturkan penyebab dari masalah ini adalah lemak perut dalam yang juga dikenal sebagai lemak visceral (visceral fat).
Hasil penelitian ini telah dipublikasikan secara online tahun 2010 di Annals of Neurology.

“Semakin besar jumlah lemak visceral yang dimiliki seseorang akan membuat otaknya semakin kecil. Volume otak yang kecil ini berhubungan dengan menurunnya fungsi kognitif seseorang,” ujar Sudha Seshadri, MD.

Comments are closed.