Kenapa Saat Tidur Dilarang Pakai Lensa Kontak

Author - April 4, 2011

Kenapa Saat Tidur Dilarang Pakai Lensa Kontak – Mungkin setiap orang pemakai lensa kontak sudah mengetahui larangan tidak boleh memakai lensa kontak saat tidur.Akan tetapi kebanyakan orang belum tahu apa penyebabnya hal ini tidak boleh dilakukan.Inilah alasannya.

Seperti anda ketahui lensa kontak sendiri memiliki berbagai jenis.Ada yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama dan ada yang tidak.Meskipun dalam jangka waktu lama,lensa kontak harus dibersihkan setiap hari agar anda bisa nyaman memakainya bahkan untuk menghindarkan anda dari penyakit.

Ketahuilah, Tidur menggunakan lensa kontak bisa mempengaruhi pembuluh darah di mata dan meningkatkan risiko pengembangan infeksi kornea. Kondisi ini dapat memicu terjadinya kebutaan permanen.

Seperti dijelaskan livestrong, Lensa kontak yang tidak dirancang untuk dipakai semalaman bisa menghambat aliran oksigen ke kornea. Ketika oksigen diblokir maka bentuk pembuluh darah akan berubah supaya bisa membawa oksigen lebih banyak lagi.

Akibat tidak normalnya bentuk pembuluh darah ini akan mengganggu penglihatan. Pembengkakan dan mengaburkan kornea adalah efek samping yang timbul jika memakai lensa kontak saat tidur. Gejala ini akan mengganggu penglihatan seseorang mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Untuk itu sebaiknya anda pengguna lensa kontak,alangkah baiknya anda sering mengganti lensa kontak agar mata anda selalu sehat. Hal ini terlepas dari masalah gaya dengan model lensa kontak yang beraneka ragam.

Comments are closed.