Kerusuhan Di Papua Tewaskan 17 Warga

Author - August 1, 2011

HarianBerita – Kerusuhan antarwarga yang terjadi di Ilaga, Kabupaten Puncak Papua, Minggu 31 Juli 2011 kemarin meninggakan duka. Insiden yang melibatkan sejumlah warga tersebut menimbulkan korban tewas sebanyak 17 orang.

Hal ini di ungkapkan oleh juru Bicara Polda Papua, Kombes Wachyono. Seperti yang diinformasikan, selain 17 orang tewas, puluhan warga juga mengalami luka-luka. Sejumlah rumah dan kendaraan warga juga hangus dibakar. “Tempat kerusuhan di sekitar kantor DPRD setempat, hingga perumahan warga,” jelas Wachyono seperti dikutip dari vivanews, Senin 1/8/2011.

Saat ini pihak kepolisian masih kesulitan memperoleh perkembangan terakhir soal kondisi Ilaga karena akses ke sana sangat sulit. Ilaga hanya bisa dicapai dengan pesawat, itu pun jika cuaca memungkinkan.
“Hubungan ke sana hanya dengan telepon satelit, sedangkan kami mendapat laporan dari sana melalui SSB. Akses ke sana juga hanya bisa dengan pesawat,” paparnya.

Ilustrasi

Seperti diberitakan sebelumnya, kerusuhan terjadi antara warga pendukung Elvis Tabuni, Ketua DPRD Kabupaten Puncak, dan pendukung Simon Alom, mantan caretaker Bupati Kabupaten Puncak yang baru dimekarkan itu. Akibat kerusuhan itu, dari kelompok Elvis Tabuni tewas 13 orang, sedangkan pengikut Simon Alom 4 orang tewas.

Kerusuhan itu dipicu oleh proses Pemilukada Kabupaten Puncak yang saat ini sedang berlangsung. Elvis Tabuni dan Simon Alom ikut dalam proses tersebut.

Comments are closed.