Ketika Walcott Beringsut dari Bangku Cadangan

Author - June 16, 2012

Ketika Walcott Beringsut dari Bangku Cadangan, Kemenangan Inggris 3-2 atas Swedia memunculkan sosok Theo Walcott sebagai penyelamat. Tidak berlebihan rasanya menyebut penyerang sayap Arsenal ini sebagai penyelamat. Pasalnya, menang dari Swedia bukan sesuatu yang gampang buat Inggris. Sejak 43 tahun lalu, Inggris belum pernah menang melawan Swedia di kompetisi utama. Kemenangan Inggris 1-0 atas Swedia di Wembley, November 2011, agaknya telah memecah kemurungan Inggris, dan berlanjut dengan kecemerlangan di Piala Eropa 2012.

Walcott masuk menggantikan James Milner yang bermain tidak efektif, pada menit ke-61. Saat itu kedudukan 2-1 untuk Swedia. Pemain berusia 23 tahun ini memperkuat barisan depan Inggris, yang memang perlu dipertajam karena sedang tertinggal. Pada menit ke-64, Walcott menyarangkan gol yang ”garang”, membuat penjaga gawang Swedia, Andreas Isaksson, tidak berdaya.

Walcott bermain cemerlang sepanjang pertandingan dan berperan hingga menjelang akhir laga ketika umpannya kepada striker Danny Welbeck membuahkan gol. Pertandingan tersisa 12 menit ketika Walcott memberi umpan kepada Welbeck di rapatnya pertahanan tim Swedia. Welbeck dalam posisi membelakangi gawang, menyepak bola dengan tumit kaki kanannya, dan gooooooooool….

Walcott yang biasa menyerang dari sayap kanan lapangan ini mengatakan, ia memang menunggu-nunggu kesempatan membikin gol buat negaranya. Ini adalah penampilan pertama dia di arena istimewa dan berkelas seperti ini.

Ketika dipercaya menggantikan Milner, Walcott langsung mencari-cari kesempatan. ”Saya menunggu dulu sejenak. Saya harap ada banyak kesempatan buat saya,” ujarnya. Benar, kesempatan itu muncul tidak lama kemudian, hanya tiga menit setelah ia masuk lapangan.

Bagi Walcott, sesuatu yang sangat menggembirakan bisa keluar dari bangku cadangan, tidak hanya duduk diam. Mereka sudah merasakan sejak awal (saat kedudukan 1-1 melawan Perancis) bahwa kami harus mengembangkan diri. Mendapat tiga gol sangatlah luar biasa.

Produk Akademi Southampton FC ini pernah mendapat penghargaan BBC Young Sports Personality of the Year 2006. Ia diperbincangkan media sejagat saat ditunjuk masuk Inggris di Piala Dunia 2006, saat berusia 18 tahun.

Pada 30 Mei 2006, Walcott menjadi pemain timnas Inggris termuda. Ia dikenal karena kelincahannya. Pelatih Barcelona Pep Guardiola pernah berkata, ”Kamu butuh pistol untuk menghentikannya.” Kini, Walcott menjadi pahlawan bagi negaranya, bersama Andy Carroll dan Welbeck.

Ketika Walcott Beringsut dari Bangku Cadangan

Comments are closed.