Ketua Bappilu NasDem: Perekrutan 37 Anggota DPR Belum Terkonfirmasi

Author - July 23, 2012

Ketua Bappilu NasDem: Perekrutan 37 Anggota DPR Belum Terkonfirmasi. Jakarta, Ketua Umum Partai NasDem Patrice Rio Capella mengungkap ada 37 anggota DPR dari berbagai parpol yang kemungkinan akan membela NasDem di Pemilu 2014. Namun ternyata, masalah itu belum terkonfirmasi.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem Ferry Mursyidan Baldan menegaskan saat ini belum ada satu pun anggota DPR RI yang resmi berpindah ke NasDem. Dia mengkritik keras pernyataan Ketua Umum NasDem di sejumlah media.

“Adanya Anggota DPR yang ingin bergabung dengan Partai NasDem adalah Sesuatu yang belum terkonfirmasi, apalagi jika dinyatakan sudah menyatakan komitmennya untuk bergabung. Karena sejatinya agenda Partai NasDem saat ini sedang fokus pada kesiapan menghadapi verifikasi untuk menjadi Peserta Pemilu yang akan segera dilakukan oleh KPU,” kata Ferry dalam pesan elektronik kepada detikcom, Senin (23/7/2012).

Bagaimana mungkin partai yang belum menjadi peserta Pemilu, menurut Ferry, sudah membangun komitmen, apalagi dengan figur yang saat ini masih menjalankan tugas negara sebagai anggota DPR.

“Partai NasDem juga kerap membicarakan figur-figur anak bangsa yang bagus dan berkarakter, karena kami berkeyakinan masih banyak potensi anak-anak negeri ini yang baik, berintegritas dan cinta negerinya. Termasuk yang kerap muncul di media dengan gagasan-gagasan originalnya dan memiliki visi gerakan perubahan. Tapi tidak sebatas anggota DPR saja, banyak juga figur-figur lain yang bukan politisi apalagi anggota partai lain,” kata Ferry.

Partai NasDem, lanjut Ferry, menyadari sebagai Partai baru dan dalam rangka menyebarkan gagasan perubahan tentu kami membuka komunikasi dengan semua elemen masyarakat, dengan pemuka agama, tokoh masyarakat, mahasiswa, pemuda, kaum perempuan, kalangan media, musisi, pekerja, pedagang kecil, termasuk politisi baik yang jadi anggota dewan maupun yang tidak.

“Jadi komunikasi dan relasi kerap kami lakukan dengan semua elemen bangsa ini untuk saling memberi spirit memajukan negeri. Saat ini Partai NasDem sedang mematangkan kriteria dan mekanisme rekruitmen caleg, yang akan diterapkan begitu KPU menyatakan Partai NasDem lolos sebagai Peserta Pemilu. Adalah hal aneh jika Partai NasDem sudah bicara merekrut figur, apalagi untuk caleg, padahal belum berstatus Pseserta Pemilu,” tegasnya.

Menurut Ferry, kriteria pokok caleg Partai NasDem adalah tidak bermasalah dengan tindak pidana korupsi dan mempunyai visi perubahan untuk benahi negeri.

“Dalam pola rekruitmen yang disiapkan Partai NasDem, maka seorang caleg tidak saja memiliki kapabilitas dan akseptabilitas, tetapi juga memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang tugas-tugasnya sebagai anggota parlemen. Karena itu, para caleg Partai NasDem nantinya akan menjalani psiko-tes supaya partai dan yangbersangkutan mengenal potensi keunggulan dan kelemahan yang dimiliki,” kata Ferry.

Ferry melanjutkan, setiap caleg partai NasDem juga akan mengikuti “Kursus Caleg” yakni pemberian pemahaman dan pengetahuan tentang Pemilu, sistem politik, komunikasi politik dan teknik kampanye.

Dan bagaimana bantuan Partai NasDem diberikan untuk para calegnya dan bagaimana agar operasionalnya ada dalam satu pola yg bersinergi. Dan Setelah menjadi caleg yg terpilih dan sebelum dilantik menjadi anggota Dewan, maka Partai NasDem akan mengadakan “Sekolah Legislatif” untuk memberi pemahaman dan wawasan sebagi anggota parlemen, serta Etika sebagai wakil rakyat, termasuk dalam bersikap dan kepantasan dalam berpakaian.

Ketua Bappilu NasDem: Perekrutan 37 Anggota DPR Belum Terkonfirmasi

Comments are closed.