Kuku Bisa Mendeteksi Terjadinya Kanker Paru-Paru

Author - March 7, 2011

Kuku Bisa Mendeteksi Terjadinya Kanker Paru-Paru – Kuku tidak hanya berhubungan dengan kebersihan dari kuman-kuman yang menimbulkan resiko diare dan cacingan.Ternyata kuku juga digunakan untuk memperkirakan resiko kanker paru-paru bagi pria.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian oleh para ahli University of California di San Diego.hasil penelitian tersebut menunjukkan pria yang kukunya banyak mengandung nikotin punya risiko kanker paru 3,5 kali lebih tinggi dibandingkan jika kukunya tidak mengandung nikotin. Dari 33.737 pria yang diteliti selama 13 tahun, 210 di antaranya memiliki kadar nikotin tinggi dan akhirnya terkena kanker paru.

Sebenarnya kadar nikotin bisa diukur dari tempat lain misalnya urine dan saliva atau air ludah. Namun pengukuran di kuku lebih akurat karena perumbuhan kuku lebih lambat, sehingga residu nikotin di jaringan tersebut relatif lebih stabil dibandingkan pada urine dan air ludah.

Seperti diketahui kadar nikotin yang tinggi berhubungan dengan risiko kanker, sebab keberadaan senyawa ini menunjukkan adanya riwayat pejanan asap rokok dengan ratusan jenis racun karsinogen (pemicu kanker) di dalamnya. Nikotin sendiri sebenarnya tidak memicu kanker.

Penelitian tersebut juga menyebutkan kandungan nikotin pada kuku tidak selalu berhubungan dengan perokok aktif. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology ini menunjukkan, kandungan nikotin yang cukup tinggi juga ditemukan pada 10 persen pria yang hanya menjadi perokok pasif.

Comments are closed.