Lagi – Lagi Wikileaks Bocorkan Rahasia AS

Author - November 29, 2010

Lagi – Lagi Wikileaks Bocorkan Rahasia AS – Setelah beberapa waktu silam mengungkapkan sejumlah dokumen militer Pentagon (Departemen Pertahanan), Wikileaks akhir pekan lalu memaparkan dokumen-dokumen rahasia komunikasi diplomatik AS dengan sejumlah negara.

Bocoran dokumen yang terjadi minggu 28 November 2010 berupa kawat diplomatik yang diterima Washington dari sejumlah kedutaan besar (Kedubes) AS di sejumlah negara. Kawat diplomatik itu merupakan laporan atas sikap pemimpin atau pemerintah sejumlah negara atas berbagai isu, yang tidak boleh dipublikasikan untuk umum.

Di lansir dari vivanews Sejumlah bocoran kawat diplomatik yang sensitif itu diantaranya laporan mengenai sikap pemimpin sejumlah negara Arab – termasuk Raja Abdullah dari Arab Saudi – yang menginginkan AS agar menyerang Iran untuk mengatasi isu senjata nuklir.

Wikileaks juga membocorkan laporan mengenai kekhawatiran diplomat atas materi nuklir Pakistan yang bisa digunakan sebagai bom atom. Para diplomat pun mengeluhkan maraknya praktik peretasan jaringan komputer, yang diduga didukung oleh pemerintah China.

Pemerintah AS khawatir bahwa publikasi terbaru dari Wikileaks tidak saja membahayakan keselamatan para diplomat AS di luar negeri. Namun pengelola Wikileaks, Julian Assange, mengatakan bahwa kekhawatiran itu menandakan bahwa pemerintah AS takut untuk dimintai pertanggungjawaban

Comments are closed.