Laptop Cina

Author - July 13, 2010

Laptop Cina. Berita terbaru, Perdagangan laptop terutama hasil impor dari China mengalami peningkatan pesat. Namun, nasib PC tak sebagus penjualan laptop.

Suhanda Wijaya Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) mengaku, terjadi penurunan pasar atau penjualan personal computer alias PC. Sayangnya, ia tidak memiliki data berapa banyak penurunan penjualan PC tersebut.

Namun, ia hanya bisa prediksi tahun ini penjualan PC hanya 40 persen dari total pasar komputer. “Kalau penjualan laptop itu adalah 60 persen, sisanya 40 persen adalah PC,” tutur Suhanda, Senin (12/7/2010).

Pada periode Januari hingga April 2010 penjualan laptop dan netbook China mencapai 301.849.567; naik 181,24 persen dari periode yang sama tahun 2009 yang mencatatkan 107.329.726 persen. Kenaikan impor komputer jinjing dari China dinilai masih terbilang wajar soalnya produk tersebut belum diproduksi di Indonesia.

Kepala Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perdagangan, Muchtar menyebutkan, laptop dan netbook merupakan perangkat teknologi, maka kenaikannya pun sangat berkaitan dengan daya beli masyarakat sudah membaik.

“Indonesia impor itu karena dibutuhkan untuk menggerakan ekonomi di dalam negeri juga,” kata Muchtar.

Comments are closed.