Lawan Makau, Indonesia Wajib Menang

Author - July 10, 2012

Lawan Makau, Indonesia Wajib Menang, Tim nasional Indonesia U-22, akan melakoni laga ketiga babak kualifikasi Grup E Piala Asia U-22 melawan Makau di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Riau, Selasa (10/7/2012). Untuk menjaga peluang lolos ke putaran final pada 2013 mendatang, skuad “Garuda Muda” wajib meraih poin penuh dalam pertandingan ini.

Indonesia saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan tiga poin, kalah tiga angka dari Jepang di puncak. Sementara, Makau menjadi juru kunci klasemen dengan poin nol karena tidak pernah meraih kemenangan dalam dua laga terakhirnya.

Asisten Pelatih timnas U-22, Widodo Cahyono Putro, mengatakan dalam laga ini tiga poin adalah harga mati bagi skuad “Merah Putih”. Pasalnya, jika berakhir dengan hasil seri atau kekalahan, akan mempersulit langkah Indonesia, karena akan bertemu dengan lawan berat di partai selanjutnya, yakni Jepang dan Singapura.

“Tujuan kita melawan Makau adalah untuk meraih kemenangan. Tetapi, kita tetap waspada, meski mereka belum pernah meraih kemenangan di dua pertandingan terakhirnya,” kata Widodo.

Rotasi

Widodo menambahkan, dalam laga nanti, kemungkinan tim pelatih akan merotasi sejumlah pemain kunci, seperti kapten tim, Andik dan gelandang Kurniawan. Hal itu dimaksudkan agar kondisi pemain tersebut tetap terjaga untuk partai-partai selanjutnya.

“Kita pakai strategi seperti Hendra Bayauw, yang baru diturunkan di pertengahan babak (ketika melawan Timor Leste). Andik mungkin baru main babak kedua karena mereka berdua (Andik dan Kurniawan) dalam dua pertandingan terakhir mengerahkan tenaga yang luar biasa,” ungkap Widodo.

Untuk strategi, lanjut Widodo, timnya akan tampil menekan sejak menit-menit awal dengan pilihan formasi 4-4-3 atau 4-2-3-1. Mantan pelatih Persela Lamongan itu menilai, salah satu kelemahan, yakni kurangnya asupan lini belakang untuk membantu lini tengah akan diminimalisir dalam laga tersebut.

Dua formasi itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan tim. Yang terpenting kita harus bisa tampil maksimal dalam laga nanti malam.

Pelatih Aji Santoso, menambahkan, timnya juga akan tetap fokus untuk mewaspadai Makau, meskipun mereka menjadi juru kunci di klasemen sementara. Ia menilai, dua gol yang bersarang ke gawang Australia adalah bukti Makau tim yang penuh kejutan.

Setelah diempaskan Jepang 0-6, Makau mampu mengimbangi permainan Australia, dan dapat mengakhiri laga 2-3, meski sudah tertinggal tiga gol lebih dulu, Sabtu (7/7/2012). Sementara, Indonesia saat kalah 0-1 di laga perdana, terlihat kesulitan menembus pertahanan “The Socceroos”.

Kalau bisa menembus pertahanan Australia berarti pemain-pemain mereka cukup bagus, karena di grup ini yang permainannya dewasa, ya Australia. Jepang pun menurut saya tidak seperti Australia, meskipun mereka memiliki pemain dengan skill tinggi.

Tetapi asal anak-anak bisa tampil dengan konsentrasi tinggi menjalankan instruksi pelatih dengan baik, saya yakin mereka dapat meraih tiga poin.

Pelatih Makau, Leung Sui Wing, mengakui melawan Indonesia adalah pertandingan yang cukup berat bagi timnya. Namun, ia mengaku tidak gentar dan akan akan berbenah untuk menyiapkan strategi meredam lawannya dalam laga tersebut.

Mereka akan berbenah, karena Indonesia merupakan tim kuat, tetapi mereka mengikuti turnamen ini, sama seperti tim lainnya yaitu untuk mengincar kemenangan.

Lawan Makau, Indonesia Wajib Menang

Comments are closed.