Lima Gunung Api Teraktif di Dunia

Lima Gunung Api Teraktif di Dunia

Lima Gunung Api Teraktif di Dunia - Aktifitas Gunung Merapi di Yogyakarta sampai saat ini masih belum menunjukkan keramahannya.Sejak meletus 26 oktober 2010,Merapi masih menyemburkan awan panas dan larva panas.Saat ini hampir seluruh Gunung di wilayah Indonesia menunjukkan aktifitasnya yang terus meningkat,ini menandakan bahwa masyarakat harus siaga satu untuk menghindari ancaman gunung nantinya.
Walau Merapi terlihat sangat aktif, tetapi keaktifannya masih belum seberapa jika dibandingkan dengan gunung-gunung lain. Masih banyak gunung api lainnya di dunia yang lebih aktif.
Ada 5 gunung api teraktif di dunia. Keaktifan dilihat dari lama waktu gunung tersebut aktif secara terus-menerus.
1. Yasur
Gunung ini terletak di Pulau Tanna, bagian dari negara kepulauan Vanuatu di Pasifik Selatan. Ketinggian gunung ini hanya 361 meter, tetapi keaktifannya telah berlangsung secara terus-menerus selama 111 tahun.
2. Etna
Gunung ini juga terletak di Italia. Memiliki ketinggian 3.340 meter, gunung ini telah aktif secara terus-menerus selama 109 tahun. Letusan Etna paling hebat terjadi pada tahun 1669.
3. Stromboli
Gunung ini telah aktif secara terus-menerus selama 108 tahun. Terletak di Italia, gunung ini sering disebut Lighthouse of the Mediterranean. Salah satu erupsinya pada tahun 2002 mengakibatkan tsunami kecil dan kerusakan di Desa Stromboli yang terletak berdekatan dengannya.
4. Santa Maria
Gunung Santa Maria terletak di Guatemala. Ketinggian gunung ini mencapai 3.772 meter. Erupsi terbesarnya adalah pada tahun 1902 dan merupakan salah satu erupsi terbesar sepanjang abad ke-20. Gunung ini telah aktif secara terus-menerus selama 101 tahun.


5. Sangay
Gunung yang terletak di Ekuador ini telah aktif secara terus-menerus selama 94 tahun. Aktivitas erupsi awal ditemukan pada tahun 1628. Sementara, aktivitas erupsi secara berkelanjutan tercatat dari tahun 1728 sampai 1916 dan tahun 1934 hingga kini. Ketinggian gunung ini adalah 5.230 meter.