Mahasiswa UI Terpilih Sebagai Mahasiswa Berprestasi Nasional 2012

Author - July 22, 2012

Mahasiswa UI Terpilih Sebagai Mahasiswa Berprestasi Nasional 2012, Muhammad Iman Usman, mahasiswa jurusan Hubungan Internasional, Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI, terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Nasional. Dia berhasil menyisihkan 16 finalis dari lebih kurang 90 kandidat Mapres dari berbagai perguruan tinggi negeri se-Indonesia.

“Muhammad Iman Usman berhasil meraih predikat Mapres Nasional dalam acara Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi serta Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Dirjen Dikti Kemendikbud), di Hotel Inna Garuda Yogyakarta,(14/7),” ujar Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (21/7/2012).

Adapun rangkaian seleksi Mapres Nasional terdiri dari tahapan desk evaluation, verifikasi berkas, test psikologi, dan wawancara kegiatan ekstrakurikuler. Pada sesi presentasi karya ilmiah, Imam memaparkan gagasan mengenai upaya peningkatan partisipasi siswa SMA dalam pengentasan masalah kemiskinan di DKI Jakarta.

“Atas prestasinya ini, Muhammad Iman Usman mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 20 juta serta piagam dan plakat Dirjen Dikti Kemendikbud,” imbuhnya.

Dalam acara yang sama, Yandi Andri Yatmo S.T., M.Arch., Ph.D, dosen Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik (FT) UI meraih peringkat ketiga kategori Dosen Berprestasi Nasional 2012. Yandi Andri Yatmo S.T., M.Arch., Ph.D memiliki beragam prestasi, salah satunya adalah meraih penghargaan internasional Kenneth H. Murta Prize in Architecture from University of Sheffield di tahun 2001 atas pencapaiannya di bidang arsiktektur.

“Selain itu, Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA, guru besar Departemen Teknik Kimia, FTUI berhasil meraih peringkat kedua pada kategori Ketua Program Studi (Kaprodi) Berprestasi Nasional 2012,” paparnya.

Tim Shell Eco Marathon (SEM) Universitas Indonesia turut menambah prestasi yang diraih para mahasiswa dan dosen UI di tahun 2012, yaitu Juara kedua di kategori Urban Concept pada kompetisi Shell Eco-Marathon Asia 2012, Sirkuit Sepang, Malaysia.

Beragam prestasi ini diharapkan dapat memacu sivitas akademika UI bekerja keras meningkatkan kemampuan dalam berkompetisi dan berkontribusi terhadap perkembangan dunia pendidikan di Indonesia sebagai bukti komitmen UI mengembangkan kualitas pendidikan tinggi sejajar dengan perguruan tinggi kelas dunia.

Mahasiswa UI Terpilih Sebagai Mahasiswa Berprestasi Nasional 2012

Comments are closed.