Majalah Tempo Bermasalah Dengan Polri

Author - July 1, 2010

Majalah Tempo Bermasalah Dengan Polri. Berita terbaru, Mabes Polri diwakili Divisi Pembinaan dan Hukum Mabes Polri akhirnya resmi memperkarakan Majalah Tempo edisi “Rekening Gendut Perwira Polisi” ke Bareskrim Mabes Polri.
Majalah Tempo Bermasalah Dengan Polri
Tuduhannya, menghina institusi Polri sebagaimana diatur pasal 207 dan 208 KUHP. “Sudah dari Divisi Binkum ke Bareskrim dengan terlapor pihak Tempo,” ucap Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen (Pol) Edward Aritonang, di Mabes Polri, Rabu ( 30/6/2010 ).

Edward mengatakan, dalam laporan belum dicantumkan identitas personal dari pihak majalah Tempo yang menjadi terlapor. Menurut dia, setelah dilakukan penyelidikan akan terlihat siapa yang paling bertanggungjawab di majalah Tempo.

Apa yang membuat Polri merasa terhina?

“Penafsiran kami, personifikasi polisi bergaul dengan babi. Kalau itu sebut perwira menggiring babi, itu seolah-olah menggiring prajuritnya,” jawab Edward.

“Tidak ada itu dalam budaya kita celengan babi, yang ada ayam. Ini penafsiran kami, kalian menafsirkan lain silakan. Kalau Pemred (Pemimpin Redaksi) katakan itu hanya kreativitas, saya katakan kalau mereka sering bergaul dengan babi, kenapa kita dilibatkan?” tegas dia.

Dikatakan Edward, Polri mengambil jalur hukum karena majalah Tempo pernah bermasalah dengan Polri terkait sampul dua edisi sebelumnya.

“Majalah Tempo muat berita Kapori pada pusaran mafia batubara. Setelah dicek, nggak ada berita di dalamnya. Buat judul tapi beritanya nggak ada bahwa Kapolri jadi mafia waktu jadi Kapolda Kalsel atau Kabareskrim,” ujar dia.

“Kemudian muncul lagi kemarin. Jadi, kami nilai Tempo tidak ada itikad baik. Daripada ada hal-hal yang tidak diinginkan, karena anggota Polri yang 400.000 sudah ada yang bereaksi,” tambah dia.

Comments are closed.