Mamfaatkan Reses,Komisi I DPR Keluar Negeri

Author - April 15, 2011

Mamfaatkan Reses,Komisi I DPR Keluar Negeri – Komisi I DPR dikabarkan kembali melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara.Amerika Serikat,Turki,Rusia,Perancis dan Spanyol merupakan negara-negara yang akan dikunjungi oleh anggota Komisi I DPR.Kunjungan kerja ini sendiri telah dimulai Senin kemarin 11/4/2011 memanfaatkan masa reses yang berlangsung hari itu juga.

Atas kunjungan kerja ini,Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq menyebutkan rombongan yang menuju Spanyol sudah berangkat pada Rabu malam.Sedangkan rombongan lain akan menyusul dengan waktu kunjungan efektif sekitar lima hari.

Mahfudz sendiri mendapat jatah kunjungan kerja ke Turki pada tanggal 17/4/2011.Namun soal biaya yang dikeluarkan,Mahfudz mengaku tidak mengetahuinya. Dia memastikan semua anggaran, seperti untuk transportasi, akomodasi, dan representasi, disusun sesuai dengan ketentuan.

Namun Uchok Sky Khadafi dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran menyebutkan, anggaran yang disediakan untuk kunjungan kerja Komisi I DPR tersebut Rp 4,5 miliar.Kabarnya kunjungan kerja tersebut menggunakan uang pajak rakyat yang selama ini dikumpulkan.

Meski demikian ada beberapa partai yang melarang aksi kunjungan tersebut.Gerindra mengeluarkan surat larangan bagi setiap anggota Fraksi Partai Gerindra untuk pergi ke luar negeri dalam rangka kunjungan kerja atau studi banding.

Ini memang patut dipertanyakan oleh rakyat,kenapa tidak,pasalnya kunjungan kerja ini tidak diumumkan secara resmi, padahal sebelumnya ada kesepakatan di DPR, kunjungan kerja ke luar negeri harus diumumkan dulu ke masyarakat

Comments are closed.