Martabak Manis Unyil Fatmawati

Author - June 29, 2012

Martabak Manis Unyil Fatmawati, Sore-sore memang enak banget kalo ngemil martabak, mau martabak manis maupun telor, dua-duanya tetap enak. Tapi kali ini kami ingin mencoba martabak yang sangat terkenal di Kota Bogor. Salah seorang anggota keluarga kami yang tinggal di Bogor sangat merekomendasikan martabak satu ini, makan ya mumpung kami sedang di Bogor kami harus mencobanya.

Namanya adalah Martabak Fatmawati, ada banyak cabangnya di Bogor. Dan sore itu kami berkunjung ke salah satu cabangnya yang ada di Jalan Kedung Halang no 61 Bogor. Sebelah Apotek Sehat. Katanya sih yang terfavorit di situ adalah martabak durian, tapi sayang banget hari itu mereka tidak sedang stok durian, jadi tidak jual martabak durian hari itu. Yahh… kecewa deh. Belum lagi petugas bagian kasir tidak terlalu welcome melayani kami. Tapi tidak apa-apa, berhubung katanya martabaknya enak, kami pun tidak mempermasalahkan sikapnya, he he…

Akhirnya kami pesan martabak unyil karena ini juga merupakan menu favorit di Martabak Fatmawati. Kami pesan unyil keju nangka dan unyil kacang cokelat wijen. Tidak hanya itu, kami juga pesan tipis kacang cokelat wijen, asin tuna balado, dan asin corned. Yup, banyak banget, karena ini disantap beramai-ramai sekeluarga.

Sambil menunggu, kami melihat proses pembuatan martabak unyil. Cetakannya memang sangat mungil, dan tidak setebal martabak manis besarnya. Setelah semua pesanan kami jadi, kami langsung menyerbunya, he-he… mumpung masih panas.

Yang menarik perhatian saya adalah unyil keju nangka. Gigitan pertama benar-benar membuat saya jatuh cinta. Enak banget! Tidak terlalu tebal martabaknya, tapi justru itu yang membuat enak, tidak eneg sama sekali. Campuran keju, nangka, susu, dan mentega sebagai topingnya benar-benar mantap.

Sementara unyil kacang cokelat wijen juga sama enaknya. Untuk martabak unyil ini harganya berkisar dari Rp 12.500 sampai Rp 20.000. Harga tergantung jenis mentega yang kita pilih, ada mentega ala Fatmawati, mentega Meadow Lea non Cholesterol, dan Wisman. Wah teman-teman kalau ke Bogor harus mencoba martabak unyil ini, enak banget!

Yang asin juga tidak boleh ketinggalan untuk dicoba. Bisa dipilih mau 2 telor, 3 telor, atau 4 telor. Ada telor ayam maupun telor bebek. Tentu saja harganya berbeda. Martabak asin tuna balado yang kami pesan ini memang enaknya disantap dalam keadaan panas, daging ikan tuna balado-nya tercampur dengan telor ayam dan daun bawang, yummy…enak lho. Ada rasa spicy sedikit, tapi tidak terlalu pedas kok. Kalau Anda tidak mau yang ada rasa pedasnya sama sekali, bisa pilih yang corned. Ini juga dijamin enak, gurih dan mantap! Untuk martabak asin, harganya berkisar antara Rp 30.000 sampai Rp 41.000.

Hmm… sayang banget nggak sempet mencoba martabak durian, semoga lain waktu kami bisa mencoba martabak manis durian ala Fatmawati ini. Mulai sekarang, buat kami, martabak Fatmawati masuk dalam salah satu tempat yang harus dituju kalau wisata kuliner ke Bogor. Terutama yang martabak unyil.

Martabak Manis Unyil Fatmawati

Comments are closed.