Memperkuat Modal,BUMN Turunkan Target Dividen Rp 27,5 T

Author - January 30, 2011

Memperkuat Modal,BUMN Turunkan Target Dividen Rp 27,5 T – Target penerimaan dividen pada 2011 telah diturunkan sebesar 8,6 persen menjadi Rp 27,5 Triliun.Hal tersebut bertujuan untuk memperkuat modal perusahaan BUMN yang sebelumnya penerimaan negara dari dividen BUMN mencapai Rp30,09 triliun.

Menurut Menteri BUMN, Mustafa Abubakar perusahaan pelat merah memiliki reputasi bagus di mata investor asing karena dari hasil roadshow perusahaan yang dimiliki BUMN menjanjikan. Kondisi itu pula yang menyebabkan BUMN publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi saham blue chips dan favorit di lantai bursa.

Dia menjelaskan, sisa dana BUMN yang tidak lagi dialokasikan sebagai dividen tersebut akan digunakan untuk mengembangkan perusahaan.

Dikutip dari laman vivanews Tahun ini, Kementerian BUMN menargetkan laba bersih dari total perusahaan pelat merah sebesar Rp113,72 triliun.

Jumlah itu meningkat 19,32 persen dibanding tahun sebelumnya. Sementara itu, pendapatan bersih diperkirakan Rp1.294 triliun atau meningkat 15,12 persen.

Sumbangan laba terbesar akan digenjot dari industri strategis dengan peningkatan pertumbuhan sebesar 85 persen.

Sementara itu, di sektor energi, berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Pertamina pekan lalu, target perolehan keuntungan perusahaan itu tahun ini mencapai Rp17,7 triliun atau meningkat 14,2 persen dibanding prognosa 2010 sebesar Rp15,5 triliun.

Comments are closed.