Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji

Author - October 13, 2010

Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji. Berita terbaru, Bulan untuk beribadah haji telah tiba. Jika Anda salah seorang calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini, sebaiknya mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun mental.
Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji
Mengingat kondisi cuaca yang berbeda antara Indonesia dan kawasan Timur Tengah, Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih mengingatkan, agar para calon jamaah haji mempersiapkan stamina. Sebab, tidak sedikit jemaah haji yang kesehatannya menurun akibat kekurangan cairan.

Maka itu, Endang menyarankan, perbanyak konsumsi buah dan air putih agar tubuh tak mengalami dehidrasi dan mudah merasa lelah.

“Itu merupakan salah satu kunci menjaga stamina saat di tanah suci,” kata Endang saat ditemui di kantornya, Jalan HR Rasuna Said Kuningan, Jakarta.

Terik dan panasnya sinar matahari serta kelembaban udara yang kurang sangat tidak mendukung bagi para jemaah haji Indonesia, terutama yang berusia lanjut.

“Biasanya, jemaah rentan mengalami kekurangan cairan, infeksi pernafasan dan batuk. Untuk itu, selain perbanyak konsumsi air putih dan buah-buahan, saya juga sarankan agar beristirahat cukup,” ujarnya.

Sebagai pendukung kesehatan bagi jamaah haji, Kementrian Kesehatan pun telah mengirim 1900-an petugas kesehatan yang disebar di beberapa kota penting seperti Mekkah, Madinnah dan Jeddah. Obat-obatan penunjang kesehatan pun sudah terkirim termasuk peralatan kesehatan lain serta petugas kesehatan terlatih.

Comments are closed.