Merica Ternyata Bisa Mencegah Kanker Payudara

Author - February 3, 2011

Merica Ternyata Bisa Mencegah Kanker Payudara – Selain sebagai penyedap makanan,ternyata butiran rempah-rempah ini juga memiliki manfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh.

Bumbu yang juga dikenal sebagai Piper nigrum L ini setidaknya memiliki sejumlah manfaat tambahan, seperti dikutip dari health.com berikut ini:

Pencegah kanker payudara
Senyawa kimia yang disebut piperin dalam biji merica dapat membantu mencegah perkembangan tumor dan kanker pada payudara, menurut penelitian University of Michigan, Amerika Serikat.

Sifat penangkal kankernya lebih tinggi jika dikombinasikan dengan kunyit. Jadi, sering-seringlah menggunakan dua bumbu tersebut pada masakan.

Scrub kulit
Merica juga bisa dimanfaatkan sebagai scrub untuk memperhalus kulit. “Rasa hangatnya bisa merangsang sirkulasi darah sehingga memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi pada permukaan kulit. Teksturnya yang agak kasar juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati,” kata Wendy Allred, dari Bliss Spa.

Untuk membuatnya, campur setengah gelas gula, dua sendok makan minyak zaitun, dan sedikit merica. Aduk rata. Basahi wajah, kemudian bersihkan kulit dengan campuran tersebut sambil berikan pijatan perlahan. Lalu, bilas dengan air dingin.

Pereda flu
Merica adalah dekongestan alami. Senyawa kimia alami didalamnya dapat mengiritasi selaput lendir, dan membuatnya memproduksi lebih banyak lendir untuk membantu membersihkan area hidung.

Neil Schachter, MD, seorang profesor di Mount Sinai School of Medicine di New York dan penulis buku ‘The Good Doctor’s Guide’ mengatakan, menambahkan lebih banyak lada pada semangkuk sup ayam, Anda bisa bernafas lebih lega saat flu.

Comments are closed.