Meski Gugup, London Siap Jadi Tuan Rumah

Author - July 24, 2012

Meski Gugup, London Siap Jadi Tuan Rumah, Wali Kota London Boris Johnson bersikeras bahwa London siap menjadi tuan rumah olimpiade meskipun perasaan gugup masih dirasakan oleh warga London sebelum ajang terbesar olahraga di dunia itu berlangsung. Johnson mengatakan bahwa Inggris merasakan suatu ketegangan tersendiri untuk penampilan besar seiring semakin dekatnya upacara pembukaan olimpiade yang diadakan pada Jumat (27/7/2012) di Olympic Park Stratford, London Timur.

Ia mengatakan, tempat itu aman dan sistem transportasinya telah siap, meski dalam seminggu ini masih ada kekhawatiran akan kekacauan transportasi dan kurangnya keamanan di Inggris. Ketua Komite Olimpiade Internasional Jacques Roggs juga berada di London.

“Ia (Rogge) berpikir bahwa kota kami telah melakukan persiapan dengan baik sebagaimana kota lain yang pernah menjadi tuan rumah sepanjang sejarah olimpiade,” kata Johnson kepada TV BBC.

Kemudian, Johnson menyampaikan bahwa sejauh ini sistem lalu lintas dan jaringan transportasi umumnya bertahan dengan baik.

“Mungkin apa yang kami rasakan sekarang, sebagai suatu bangsa, suatu kota, adalah sesuatu yang penting, yaitu depresi sebagai pengalaman psikologis sebelum kegembiraan dimulai pada hari Jumat,” ucap Johnson.

Ia juga mengatakan bahwa olimpiade dapat membawa keuntungan ekonomi bagi ibu kota setelah resesi menerpa Inggris dengan menjual London sebagai “dagangan besar” di antara pemimpin bisnis kelas dunia.

Peraih tiga kali medali emas olimpaide, Bradley Wiggins, turut serta meningkatkan kepercayaan diri bangsa setelah ia menjadi pesepeda Inggris pertama yang menjuarai Tour de France, Minggu (22/7/2012). Wiggins akan menjadi harapan pertama Inggris untuk meraih medali emas dari cabang sepeda.

Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair juga yakin bahwa olimpiade akan meningkatkan citra Inggris dan mempromosikannya ke berbagai pelosok dunia. “Ini adalah ajang olahraga dunia. Alasan mengapa semua orang bersaing ketat karena apa yang dilakukannya adalah untuk negaranya,” kata Blair dalam sebuah acara di televisi berita Sky News.

Pada acara yang sama, Sekretaris Olimpiade Jeremy Hunt juga mengatakan bahwa olimpiade akan “menunjukkan kepada dunia kemampuan kita yang sebenarnya dengan menyelenggarakan ajang olahraga terbesar di dunia tersebut secara tenang, profesional, dan disiplin”.

Di hari yang sama, Minggu, Paus Benediktus XVI juga telah memberkati olimpiade dan mengatakan bahwa ia berharap semangat olimpiade dapat memberi kedamaian di dunia.

Meski Gugup, London Siap Jadi Tuan Rumah

Comments are closed.