Minyak Dunia Menembus Harga Tertinggi

Author - March 26, 2011

Minyak Dunia Menembus Harga TertinggiBerita Terbaru, Pada pekan ini, harga minyak dunia melambung sangat tinggi bahkan telah mencapai angka tertinggi. Menurut beberapa pengamat ekonomi dunia, kenaikan yang terjadi diakibatkan oleh bencana yang terjadi di Jepang dan konflik di timur tengah. Minyak mentah Benchmark dari West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei ditutup pada kisaran USD105,40 per barel, turun 20 Sen dari sebelumnya dan masih naik empat persen pada minggu ini, setelah pada hari Rabu mencapai USD105,75 per barel, dan itu tertinggi sejak September 2008.

Hal ini memaksa harga bahan bakar kendaraan gasoline mengikuti kenaikan harga tersebut, dengan kenaikan Rata-rata sebesar USD3,561 per gallon, ini merupakan kenaikan tertinggi untuk tahun ini. Sedangkan di Alaska dan Hawai harga sudah diatas USD 4 per gallon. Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat menjelaskan Harga BBM akan terus lebih tinggi walau persedian minyak AS cukup untuk memenuhi permintaan selama 54 hari, seperti dikutip dari AP, sabtu (26/3/2011).

Selain itu ditengarai banyaknya penggunaan minyak mentah akan menyusutkan Pasokan global saat ini, tercatat pada tahun 2011 dunia akan menggunakan 88 juta barel perhari, naik 1,3 juta barel per hari dari tahun 2010 yakni 86,7 juta barel perhari. Barclays Capital mencatat bahwa permintaan minyak China naik 15 persen untuk tahun ini.

Analis dan pedagang Stephen Schork memperkirakan bahwa kekhawatiran ini telah mendorong minyak yang lebih tinggi sebesar USD 20 per barel dalam beberapa pekan terakhir. Senada dengan Stephen Analis Sudakshina Unnikrishnan telah memprediksikan harga patokan minyak sekitar USD91-106 per barel

Sudakshina juga menjelaskan Produsen utama minyak, Arab Saudi mengambil langkah peningkatan kapasitas produksinya untuk menutup minyak yang hilang akibat konflik Libya. “Untuk memenuhi permintaan dunia, Arab Saudi memotong produksi cadangannya. Kapasitas produksi yang diperkirakan sekitar lima juta barel per hari di awal tahun ini,” ujar Unnikrishnan seperti dikutip dari AP.

Comments are closed.