Misteri Asal Dentuman Keras di Bandung

Author - May 23, 2011

Misteri Asal Dentuman Keras di BandungBerita Terbaru, Para warga yang berada di sekitar Jalan Asia Afrika, Bandung, pada Sabtu, 18 Mei lalu dibuat panik oleh sebuah dentuman yang sangat keras. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 22.30 WIB. Asal ledakan masih menjadi misteri. Menurut beberapa warga yang sedang berada dekat dengan lokasi mengatakan bahwa dentuman yang terjadi sangat keras dan menggetarkan tanah. Kejadian tersebut langsung dilaporkan kepada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk segera menyelidiki sumber ledakan tersebut.

Dari hasil laporan yang diperoleh dari PVMBG kepada Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, R. Sukhyar mengatakan bahwa suara dentuman terdengar cukup keras oleh orang banyak hingga menimbulkan kepanikan dan kekagetan semua orang. Saat dentuman terjadi, orang-orang yang berada di lokasi langsung berlarian ke arah depan Bank NISP di Jalan Asia Afrika. Bank NISP sendiri terletak di antara Hotel Savoy Homman, kantor Iklan Pikiran Rakyat dan Gedung Merdeka. Dari hasil penelitian lebih lanjut, hanya dua orang yang merasakan getaran tanah. Ketika itu, mereka sedang berada tepat di depan gedung Merdeka.

Akibat dari dentuman tersebut, dilaporkan tidak ada kerusakan bangunan dan retakan di permukaan maupun lantai bawah tanah gedung Bank NISP lama. Meski belum cukup jelas diketahui, sampai saat ini penyebab ledakan kemungkinan besar berasal dari mesin kendaraan atau ban pecah. Kedua penyebab tersebut baru perkiraan saja, karena masih menyelidiki timbulnya getaran tanah. Sebelumnya, Pakar Geologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Danny Hilman menyatakan belum mengetahui sumber pencipta suara dentuman. Namun yang jelas dentuman misterius tersebut bukanlah berasal dari pergerakan sesar Lembang.

Comments are closed.