Negara Ambil Asuh Anak-anak Kegemukan

Author - July 13, 2012

Negara Ambil Asuh Anak-anak Kegemukan, Kalau dulu membiarkan anak kelaparan merupakan tindak penelantaran, sekarang di negara Barat membiarkan anak menjadi terlalu gemuk juga merupakan tindakan yang bisa melanggar hukum. Pihak berwenang di negara bagian Victoria di Australia baru-baru ini mengambil dua anak dari orangtua mereka karena kedua anak tersebut terlalu gemuk.

Menurut Profesor John Dixon dari Institut Diabetes dan Jantung Baker IDI, jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat pada masa-masa mendatang. “Kita harus menyadari bahwa semakin besar lingkar pinggang anak-anak kita, kita akan melihat mereka tumbuh menjadi terlalu gemuk,” kata Dixon kepada jaringan televisi ABC.

Menurut Prof Dixon, sering kali memisahkan anak dari orangtua mereka merupakan alternatif terbaik. “Bukan masalah kegemukan itu sendiri yang menyebabkan sang anak diambil dari orangtua mereka. Namun, berbagai faktor akan menjadi penyebab sehingga anak itu mendapatkan pengasuhan maksimal di rumah,” ujar Dixon.

“Kegemukan bisa disebabkan berbagai faktor lingkungan, makanan, dan kurangnya olahraga. Namun, bisa juga disebabkan tidak berfungsinya keluarga dengan baik, gangguan mental, dan keluarga dengan anak yang cacat sehingga mungkin lebih baik sang anak dipisahkan untuk sementara dari keluarga.”

Menurut laporan korespoden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, pemisahan anak dari orangtuanya karena kegemukan ini merupakan kasus pertama kali di Australia. Di Australia, negara memiliki hak untuk memisahkan anak dari orangtuanya dan biasanya masalahnya adalah karena gangguan jiwa, alkohol, ketergantungan obat, ataupun penganiayaan seksual, baik oleh orangtua maupun anggota keluarga lain.

Pemisahan bisa berlangsung sebentar dalam bilangan minggu ataupun tahunan, dan kadang anak diadopsi karena orangtua dianggap tidak akan bisa mengasuh anak mereka.

Menurut Dixon, masalah kegemukan diperkirakan akan menjadi salah satu masalah kesehatan paling mendesak di negara-negara industri maju pada masa depan, tidak mudah menyelesaikan masalah ini dengan hanya mempersalahkan orangtua semata.

“Orangtua pasti sudah berusaha untuk mengatasi masalah ini. Namun, kadang mereka tidak mendapatkan pertolongan memadai dari dinas kesehatan kita,” kata Prof Dixon asal Melbourne tersebut.

Hanya ada sedikit sekali pelayanan yang mengurusi anak-anak yang betul-betul gemuk. Prof Dixon menambahkan, sering kali para orangtua juga enggan membawa anak mereka ke dokter karena takut mereka akan dipersalahkan.

Negara Ambil Asuh Anak-anak Kegemukan

Comments are closed.