Osama Bin Laden Tewas, Inilah Penggantinya

Author - May 3, 2011

Osama Bin Laden Tewas, Inilah PenggantinyaBerita Terbaru, Terbunuhnya pemimpin jaringan Al-Qaidah, Osama Bin Laden di Islamabad, ibukota Pakistan, oleh pasukan ‘Tim Enam’ Amerika Serikat, bukan berarti langkahnya akan terhenti begitu saja. Osama yang sejak lama menjadi incaran terorisme nomor satu di Amerika itu, tewas seketika setelah kepalanya ditembak. Rencananya, jasad Osama akan ditenggelamkan di laut. Melihat hal seperti itu, tentu saja membuat geram para pengikutnya. Meski pemimpin mereka telah tiada, namun organisasi teroris nomor satu itu kini sudah bersiap menyiapkan pengganti Osama. Mereka adalah para petinggi Al-Qaidah yang juga dekat dengan Osama bin Laden. Siapa sajakah mereka?

Ayman Al-Zawahiri
Pria 59 tahun asal Mesir ini disebut oleh Amerika Serikat sebagai komandan Al-Qaidah pada April 2009. Ia merupakan pemimpin operasi dan strategi sementara Usamah sebagai figur ideologi dalam organisasi itu. Ayman merupakan seorang dokter bedah dan cucu dari imam mesjid Al-Azhar di Mesir. Namun, ia mendedikasikan hidupnya untuk teologi Islam, sejarah dan jihad Islam. Penulis biografi Usamah menyebutnya sebagai otak utama Al-Qaidah.

Saif Al-Adel
Ia juga berasal dari Mesir, usianya diperkirakan antara 51 atau 54 tahun. Ia merupakan pemimpin senior Al-Qaidah di Mesir dan merupakan anggota militer organisasi itu. Ia diduga telah membangun fasilitas latihan di Ras Kamboni, Somalia dan diperkirakan telah melatih orang-orang Somalia untuk terlibat dalam pertempuran di Mogadishu melawan pasukan Amerika dimana dua helikopter Black Hawk dijatuhkan dengan roket. Saif merupakan salah satu teroris paling dicari oleh FBI sejak 2001, dan disediakan hadiah USD 5 juta bagi yang dapat memberikan informasi keberadaannya. Diperkirakan ia berada di Iran.

Sulaiman Abu Gath
Pria berusia 45 tahun yang berasal dari Kuwait ini merupakan salah satu pemimpin senior Al-Qaidah dan menempati posisi sebagai juru bicara. Ia mulai dikenal ketika perang teluk berlangsung pada 1991. Saat itu ia mengejek Saddam Hussein dan mencari perhatian pada pemerintah Kuwait dan keluarga kerajaan, menuntut diberlakukannya hukum syariah.

Sulaiman kemudian dilarang memberikan kotbah di mesjid dan dikeluarkan dari mesjid. Pada tahun 2000 ia meninggalkan Kuwait menuju Afghanistan dimana ia bertemu Usamah Bin Ladin dan bergabung dengan Al-Qaidah. Setelah serangan 11 September di Amerika ia berjanji bahwa serangan kepada pesawat tidak akan berhenti.

Keberadaannya hingga kini tidak diketahui. Muncul rumor ia dipenjara di Iran, namum pemerintah Kuwait menyatakan ia telah dibebaskan dan kembali ke Afghanistan.

Abu Hafiza
Ia merupakan seorang psikiater asal Maroko dan menempati posisi strategis di Al-Qaidah. Menurut Debka.com, laman intelijen Israel, ia membantu rencana penyerangan di Madrid pada Maret 2004. Ia juga mengklaim akan menjadikan Irak sebagai lokasi utama pertempuran Al-Qaidah.

Fazul Abdullah Mohammed
Pria berusia 36 tahun ini diduga merupakan anggota Al-Qaidah, ia juga dilaporkan merupakan pemimpin organisasi di Afrika Timur. Ia dicari oleh Amerika karena diduga terlibat dalam pengeboman kedutaan Amerika di Somalia pada 1998 saat penyerangan di Mogadishu. Ia diperkirakan berada di Somalia selama pertempuran 2007 dan diduga telah terbunuh dalam penyerangan Amerika. Namun laman Somalia pada 2009 menyebut bahwa ia telah ditunjuk mennadi pemimpin Al-Qaidah di Afrika Timur.

Comments are closed.