Panduan Penggunaan Google Plus

Author - July 25, 2011

Panduan Penggunaan Google PlusBerita Terbaru, Bagi anda yang sudah biasa menggunakan layanan jejaring sosial Facebook atau Twitter, mungkin akan bertanya-tanya saat mencoba menggunakan layanan baru dari Google yakni Google Plus. Tampilan dan kegunaan yang berbeda membuat bingung para pengguna baru Google Plus. Maka dari itu, saya akan membagikan sedikit panduan cara penggunaan Google Plus.

Jika kolom menu pada Facebok berada pada bagian kanan atas, Google sebaliknya berada di kiri atas. Kolom tersebut diantaranya adalah Home, Foto, Profil dan Lingaran. Bagi anda yang sudah menggunakan layanan Facebook, tentunya sudah tidak asing lagi apa kegunaan dari Home, Foto dan Profil. Sedangkan untuk lingkaran kegunaannya sama seperti daftar teman pada Facebook. Akan tetapi ada sedikit perbedaan pada fungsinya.

Baiklah, setelah saya bahas mengenai 4 fungsi menu tadi diatas, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat status di Gogle Plus.

1. Membuat Status
Perhatikan gambar diatas!!! Setelah saya menuliskan Status kemudian Klik ‘Tambahkan lingaran atau orang untuk berbagi’. Maka akan muncul seperti gambar diatas yakni daftar lingkaran diantaranya adalah teman keluarga dan yang paling akhir baru publik. Jika anda ingin status anda hanya terlihat oleh keluarga saja, anda cukup mengklik lingkaran keluarga. Khusus untuk publik, jika anda mengklik itu maka status anda akan terlihat oleh semua orang.

2. Cara Tag Teman di Status
Sama halnya seperti di Facebok, cara Tag teman pada Google Plus juga menggunakan awalan @ kemudian ketik huruf pertama nama teman yang akan anda bagikan, maka secara otomatis robot akan mendeteksi huruf awalan teman anda.

3. Menambahkan Foto, Video, Tautan Link dan juga Lokasi kita berada
Untuk menambahkan foto, video, tautan link atau lokasi sangatlah mudah. Di Google Plus, anda cukup mengklik ikon Kamera, maka akan muncul 3 pilihan yakni.
– Tambahkan foto : Dimana anda dapat langsung mengupload foto dari komputer
– Buat album : Dimana anda dapat membuat album untuk dibagikan sekaligus
– Dari ponsel : Dimana anda dapat mengupload foto langsung dari perangkat selular

Sekarang untuk mengupload video, anda hanya tinggal mengklik ikon Video yang kemudian akan tampil 3 pilihan yakni
– Unggah video : Upload langsung video yang ada pada data komputer anda
– You Tube : Upload video yang kita ambil dari situs You Tube
– Dari ponsel : Sama halnya dengan mengupload foto, anda juga dapat langsung mengupload video langsung dari ponsel anda

Yang terakhir adalah Tautan Link, untuk menggunakannya anda hanya tinggal mengklik ikon Rantai disebelah ikon Video, lalu masukkan link yang akan anda bagikan dan selesai. Mudah bukan? Sedangkan untuk memberitahukan lokasi kita kepada teman, ada cukup klik ikonnya dan ikuti petunjuknya.

Jelas sudah panduan penggunaan Google Plus diatas, walau sederhana namun semoga bermanfaat.

Comments are closed.