Pelajaran Berharga buat Tontowi/Liliyana

Author - June 18, 2012

Pelajaran Berharga buat Tontowi/Liliyana, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir gagal mewujudkan harapan dan ambisi untuk merebut gelar juara ganda campuran Djarum Indonesia Open 2012.

Di final yang berlangsung di istora Gelora Bung Karno, Minggu (17/6), Tontowi/Liliyana dikalahkan ganda Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam lewat pertandingan rubber game 17-21 21-17 13-21.

Dalam pertandingan final ini, terlihat sekali Liliyana/Tontowi tampil dalam kondisi tertekan. Apalagi sebelumnya, Simon sudah memastikan meraih gelar juara di nomor tunggal putera.

Pada game pertama, Sudket/Saralee dengan cerdik memainkan bola ke belakang dan memaksa Tontowi/Liliyana memainkan bola lambung. Sudket kemudian menghasilkan banyak poin melalui smash sehingga menutup game pertama 21-17. Di game kedua, Tontow/Liliyana mampu unggul 12-9 sebelum keadaan menjadi sama 15-15. Akhirnya ganda campuran Indonesia ini merebut game kedua dengan 21-17.

Sayangnya, di game ketiga, Tontowi dan Liliyana kembali terjebak pada pola yang dikembangkan pemain Thailand. Mereka kocar-kacir mengejar bola silang Sudket/Saralee. Setelah tertinggal cepat 10-17, akhirnya mereka menyerah 13-21.

Pasangan Thailand mengaku mereka memang sengaja mengubah pola permainan berdasar pengalaman mengalami tiga kali kekalhan sebelum Djarum Indonesia Open 2012 ini. “Kami memang memutuskan bermain cepat dan menyerang. Kami tak ingin memberi kesempatan mereka mengembangkan permainan,” kata Sudket yang diwakili pelatihnya.

Menurut ganda Thailand, ganda Indonesia memiliki kelebihan dari segi stroke dan teknik dibandingkan ganda China yang hanya mengandalkan tenaga dan kecepatan. “Tapi kami melihat Natsir lemah saat berada di belakang, sementara yang pria lemah di depan. Karena itu kami berusaha mendorong mereka menempati posisi itu.”

Tentunya kekelahan ini akan menjadi pelajaran berharga buat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sebagai persiapan menuju target utama di Olimpiade London, Juli mendatang.

Pelajaran Berharga buat Tontowi/Liliyana

Comments are closed.