Pencetak Gol Piala Eropa Termuda Gantung Sepatu

Johan Vonlanten tercatat dalam sejarah sebagai pencetak gol di Piala Eropa termuda. Namun di usia yang juga masih muda dia sudah memutuskan gantung sepatu.

Dikutip dari situs resmi UEFA, Vonlanten memutuskan menyudahi kariernya sebagai pesepakbola pada Kamis (31/5/2012) waktu setempat. Dia saat ini baru berusia 26 tahun.

Dalam pernyataannya, Vonlanten memutuskan pensiun setelah istrinya melahirkan anak pertama mereka. Namun di samping itu, pesepakbola berkebangsaan Swiss itu juga sedang tak punya klub setelah kontraknya diputus Itagui FC tahun lalu.

“Saya merasa bagus saat ini, saya bahagia. Saya ingin membesarkannya di Kolombia,” sahut Vonlanten dalam pernyataannya.

Vonlanten berusia 18 tahun dan 137 hari saat tercatat sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah Piala Eropa. Rekor tersebut dia tuliskan di Piala Eropa 2004, saat Swiss kalah 1-3 di tangan Prancis di pertandingan terakhir fase grup. Dia mematahkan rekor milik Wayne Rooney yang dicatat hanya empat hari sebelumnya.

Meski menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Piala Eropa, perjalanan karier Vonlanten tak semulus yang diprediksikan. Dia terus berganti klub mulai dari BSC Young Boys, PSV Eindhoven, NAC Breda, Brescia, FC Salzburg dan sempat kembali ke Swiss bersama FC Zürich di musim 2009/10.

Total 40 kali Vonlanten membela timnas Swiss dan mencetak tujuh gol. Dia tidak terpilih dalam skuad negaranya di Piala Dunia 2006 dan 2010 serta tak punya peran besar saat negaranya berpartisipasi Piala Eropa 2008. Dengan kata lain, status sebagai pencetak gol termuda Piala Eropa di tahun 2004 merupakan puncak dari perjalanan kariernya yang singkat itu.

Comments Closed


Tag :