Pendaftaran Institut Teknologi Kalimantan hingga 13 Juli

Author - July 12, 2012

Pendaftaran Institut Teknologi Kalimantan hingga 13 Juli, Tim Persiapan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) membuka pendaftaran mahasiswa baru secara manual hingga 13 Juli 2012. Sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online pada 2-11 Juli 2012. Akan tetapi, banyak yang tak bisa mengakses pendaftaran secara online sehingga pendaftaran diperpanjang hingga 13 Juli.

“Namun, karena banyak yang tidak bisa mengakses pendaftaran online, kami buka pendaftaran secara manual sampai 13 Juli ini,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Balikpapan Sudirman Djayaleksana, di Balikpapan, Rabu (11/7/2012).

Menurut Sudirman, kendala dalam pendaftaran online antara lain sistem jaringan belum mengenal ITK sehingga selalu dialihkan sistem ke ITS, yang memang “induk” ITK. Kendala lainnya adalah bagi calon pendaftar asal Kalimantan, tetapi menyelesaikan SMA atau sekolah sederajatnya di Jawa atau tempat lain selain Kalimantan.

Mereka tidak diterima sistem karena sistem hanya menerima mereka yang lulus dari sekolah-sekolah menengah di Kalimantan. Di Balikpapan, pendaftaran ITK dibuka di kantor Dinas Pendidikan Balikpapan di Jalan Ruhui Rahayu. Pendaftaran juga dibuka kantor Dinas Pendidikan Samarinda dan Dinas Pendidikan Kaltim di Samarinda.

Dengan manual, walaupun waktunya singkat, yaitu hanya dua hari, semoga masalah itu bisa teratasi.

Sejauh ini belum diketahui jumlah calon pendaftar ITK yang mengajukan aplikasi secara online, tetapi peminatnya diperkirakan tinggi. Setelah proses pendaftaran, tes akan digelar di SMA Negeri 1 Balikapapan pada 14 Juli 2012. Pengumuman hasil tes pada 19 Juli 2012.

Bagi mereka yang diterima akan dikenakan uang masuk Rp 34 juta. “Namun, Pemprov Kaltim tetap berkomitmen untuk memberikan beasiswa,” ujar Sudirman.

Mahasiswa ITK yang diterima akan menjalani proses studi di ITS selama satu tahun. Pada tahun 2013, mulai dari proses pendaftaran hingga belajar mengajar sudah bisa di Kampus ITK yang berlokasi di Km 13 Jalan Soekarno-Hatta, Balikpapan.

Untuk tahun pertama, ITK akan menerima 100 mahasiswa angkatan pertama yang akan studi di lima jurusan.

Pendaftaran Institut Teknologi Kalimantan hingga 13 Juli

Comments are closed.