Penentuan Awal Puasa Ditentukan Sore Ini

Author - July 31, 2011

Penentuan Awal Puasa Ditentukan Sore IniBerita Terbaru, Untuk menentukan 1 Ramadhan 1432 Hijriah atau awal puasa, Kementerian Agama akan menggelar sidang Istibat hari ini (31/7/2011), pukul 17.00 WIB. Sidang akan dilaksanakan di kantor kementerian agama yang akan diikuti oleh beberapa perwakilan organisasi islam seperti Muhammadiyah, Nadhlatul Ulama (NU) dan Persatuan Islam (Persis). Dalam sidang tersebut, Menteri Agama akan mendengarkan masukan-masukan dari beberapa perwakilan organisasi Islam dari daerah yang sudah memantau hasil rukyatul hilal (penampakan bulan di titik awal).

Barulah setelah itu, keputusan mengenai jatuhnya awal puasa akan diputuskan. Dirjen Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama, Nazaruddin Umar memprediksi bahwa 1 Ramadhan akan jatuh pada 1 Agustus 2011. Pasalnya, penetapan puasa dapat diprediksi dengan cara menghitung derajat ketinggian hilal (hisab). Menjelang tanggal 1 Ramadhan, ketinggian hilal biasanya di atas 0 hingga 2 derajat.

Sebelumnya, Menteri Agama, Suryadarma Ali mengatakan, sidang Itsbat merupakan salah satu cara untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 Ramadhan dengan cara melihat posisi bulan (Rukyatul Hilal). Suryadarma juga berharap semua pihak dapat bersama dan sepakat menerima keputusan tersebut jika 1 Ramadhan jatuh pada 1 Agustus 2011.

Comments are closed.