Pengaruh Gempa Jepang Bagi Indonesia

Author - March 17, 2011

Pengaruh Gempa Jepang Bagi IndonesiaBerita Terbaru, Gempa dan Tsunami yang mengguncang jepang pada pekan lalu, ternyata menyorot seluruh perhatian dunia. Bahkan, pengaruh buruknya pun dirasakan oleh Indonesia. Seperti yang kita ketahui, saat ini Jepang menjadi salah satu negara yang memberikan pinjaman terbesar kepada negara Indonesia. Jelas saja, di tengah bencana ini, Jepang akan mengalami guncangan terhadap perekonomian mereka dan membuat negara kreditur tersebut bisa jadi akan menutup sementara pinjaman sampai keadaan negara mulai memulih.

Selain itu, Jepang dan Indonesia selama ini menjadi mitra dagang yang sangat baik dan signifikan. Jepang menjadi investor terbesar kedua untuk PMA. Mungkin itu hanya beberapa hal saja yang dapat terlihat dari segi perekonomian. Jika dari segi pariwisata, kemungkinan besar kunjungan wisatawan ke Indonesia akan mengalami penurunan yang sangat besar.

Selain itu, bantuan proyek infrastruktur pun akan menurun. Berarti selama ini Jepang memang sangat berarti bagi Indonesia sebagai mitra kerja sama yang sangat baik dan tentu saja akibat bencana dahsyat yang melanda Jepang akan mengganggu kerjasama antara Jepang dan Indonesia terutama pada sektor ekonomi dan bisnis.

Comments are closed.