Penjahat Perang Ratko Mladic Akan Diadili Hari Ini

Author - June 3, 2011

Penjahat Perang Ratko Mladic Akan Diadili Hari Ini – Setelah penangkapan penjahat perang Ratko Mladic pekan lalu 31/5/2011, Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) hari ini akan memulai sidang atas mantan jenderal pasukan Serbia tersebut. Dia akan didakwa sejumlah tuduhan, termasuk melakukan pembantaian atas ribuan umat Muslim Bosnia semasa Perang Balkan di dekade 1990an.

Seperti yang diberitakan, sidang kasus kejahatan perang Mladic akan berlangsung di pengadilan ICC Den Haag, Belanda, Jumat pagi waktu setempat. Pada sidang awal ini, hakim akan bertanya langsung kepada Mladic mengenai identitasnya. Selain itu hakim bertanya apakah Mladic mengerti atas sebelas dakwaan yang dikenakan kepada dirinya.

Selanjutnya Mladic akan diberi kesempatan apakah akan mengaku bersalah atau tidak atas semua tuduhan itu. Dewan hakim akan memberi kesempatan selama 30 hari kepada terdakwa bila pada sidang hari itu tidak langsung memberi tanggapan atas semua tuduhan.

Bila hingga 30 hari belum ada jawaban, maka dewan hakim menganggap terdakwa menyatakan tidak bersalah atas semua tuduhan. Dari situ sidang pengadilan akan berlanjut untuk membuktikan apakah Mladic bersalah atau tidak atas semua tuduhan.

Diantara tuduhan kepada Mladic adalah genosida, pemusnahan, dan penyiksaan atas kasus pembantaian di Kota Srebrenica pada April 1995. Saat itu sekitar 8.000 warga Muslim Bosnia, baik pria dewasa dan anak-anak, menjadi korban pembantaian. Mladic pun dituduh terlibat dalam pengepungan berdarah di Kota Sarajevo, yang menewaskan 10.000 jiwa.

Comments are closed.