Penjualan Seragam Sekolah di Jayapura Meningkat

Author - July 20, 2012

Penjualan Seragam Sekolah di Jayapura Meningkat, Omzet penjualan pakaian seragam sekolah di Kota Jayapura, Papua, meningkat sejak memasuki Tahun Ajaran 2012/2013 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Seorang penjual pakaian seragam sekolah di Jalan Gerilyawan Abepura, Kota Jayapura, Wati, Jumat, mengakui, omzet penjualan pakaian seragam sekolah memasuki tahun ajaran baru meningkat hingga dua kali lipat daripada biasanya karena banyaknya permintaan konsumen.

“Meningkat hingga dua kali lipat permintaan akan pakaian seragam sekolah, dalam sehari saja terhitung 10 hingga 15 konsumen yang mencari dan membeli pakaian seragam,” katanya, Jumat (20/7/2012).

Dia mengakui, permintaan pakaian seragam dari tingkat SD, SMP, hingga SMU atau SMK memang paling banyak dicari dan dibeli dibandingkan dengan pakaian jadi lainya.

“Rata-rata yang datang beli adalah pakaian seragam SMP dan SMU atau SMK. Mungkin juga karena Abepura lebih banyak sekolah di tingkat tersebut. Tapi permintaan pakaian seragam SD juga tidak kalah banyak,” kata Wati.

Ia juga memprediksi selain permintaan pakain seragam sekolah yang meningkat sejumlah atribut dan kelengkapan sekolah lainnya juga akan mengalami peningkatan. “Yang pasti para pembeli juga mencari topi, dasi, kaus kaki, kaus dalam, dan pakaian lainnya,” katanya.

Seorang pemilik ruko sepatu dan pakaian jadi yang letaknya tak jauh dari tempat Wati, Agung, mengaku telah mendatangkan pakaian seragam sekolah dari Surabaya dan Jakarta untuk mengantisipasi kenaikan permintaan barang tersebut.

“Saya sudah tahu pasti permintaan pakaian seragam akan terus meningkat, makanya saya sudah siapkan stok di jauh-jauh hari. Termasuk pakaian untuk puasa dan Lebaran nanti,” katanya.

Ia mengatakan, harga satu setel pakaian seragam yang dijualnya mulai dari Rp 120.000 hingga Rp 180.000, yang sudah lengkap dengan topi, dasi, kaus kaki, celana, dan kemeja.

“Saya jual dengan harga terjangkau untuk pakaian seragamnya dan juga saya sediakan sepatu. Kalau omzetnya bisa dikatakan meningkat hingga 200 persen, rata-rata per hari mencapai satu juta hingga dua juta rupiah,” katanya.

Saat ini, sejumlah sekolah tingkat SMP, SMU, dan SMK di Kota Jayapura baru saja menyelesaikan masa orientasi sekolah, sedangkan sejumlah sekolah lainnya telah meliburkan siswanya selama tiga hari guna menyambut Ramadhan.

Penjualan Seragam Sekolah di Jayapura Meningkat

Comments are closed.