Penumpang Protes, Anggap Rombongan Menhub Hambat Perjalanan Kereta Api

Author - July 12, 2012

Penumpang Protes, Anggap Rombongan Menhub Hambat Perjalanan Kereta Api, Pagi ini menteri perhubungan beserta rombongan akan berangkat menuju Semarang, Jawa Tengah menggunakan kereta api Cirebon Express. Namun sayang, kereta yang harusnya berangkat pada pukul 06.05 WIB, dan sudah terisi penuh oleh penumpang, mengalami keterlambatan hingga 40 menit. Hal ini kontan membuat penumpang yang telah naik ke dalam kereta protes.

Petugas kereta api yang ada di tempat pun menjadi sasaran penumpang yang naik pitam. “Secara simbolis, kereta api itu kan katanya siap melayani, tapi ini apa? Terlambat. Penumpang dibiarkan menunggu tanpa ada kejelasan. Bukan kami yang melayani. Kami juga bayar naik kereta ini,” ujar Batas Panjaitan, salah seorang penumpang Kereta Api Cirebon Express saat melakukan protes ke salah seorang petugas, Kamis (12/7/2012).

“Kami kecewa. Sudah dari jam 3 buru-buru berangkat. Ternyata keretanya terlambat berangkat,” imbuhnya.

Penumpang lainnya, yang tidak diketahui namanya bahkan melakukan protes di luar gerbong. Dirinya mengaku kecewa dengan pelayanan kereta api yang membawa rombongan kementerian perhubungan ini.

“Bagaimana bisa begini. Saya ikut bayar kok. Saya kecewa sekali, apalagi ini kereta ada romobongan menteri. Tolong sampaikan ke menteri, jangan penumpang dibuat begini. Kami juga bayar,” jelasnya.

Aksi inipun mengundang perhatian penumpang lain. Terlihat beberapa penumpang menggerutu dengan ekspresi kesal. Ada juga yang sambil menunjukkan jam di tangannya sambil mengarahkan ke petugas kereta api.

Sementara itu, Direktur Operasi PT KAI, Bambang Irawan mengatakan, keterlambatan kereta ini dikarenakan adanya salah pengertian komunikasi antara petugas PT KAI dengan kementerian perhubungan. Pihak kementerian perhubungan awalnya sudah memesan 1 kereta, namun ternyata pihak PT KAI menjual seluruh tiket yang sudah di reservasi itu kepada umum.

“Saya mohon maaf, karena ini rombongan yang telah kita siapkan seharusnya satu kereta untuk romobongan menteri. Ternyata pihak kereta api tidak melakukan cek reservasinya. Jadi yang harusnya untuk Pak Mentyeri terjual,” jelas Bambang.

Bambang juga membantah jika keterlambatan ini dikarenakan Menteri Perhubungan yang terlambat datang. “Pak Menteri tidak terlambat. Dia sudah datang dari pukul 05.30 WIB. Jadi, kalau ada info keterlambatan karena menunggu pak menteri itu tidak benar. Kesalahan ada di kereta api karena reservasi yang sudah dilakukan terjual,” ungkapnya.

Setelah pihak PT KAI memberikan penjelasan ke para penumpang, akhirnya kereta bertolak dari stasiun Gambir menuju Cirebon tanpa harus menambah rangkaian kereta.

Semula mau mereka tambah, tapi tidak jadi. Karena delaynya bisa sampai jam 8 nanti. Malah makin lama.

Mereka juga akan lakukan evaluasi dan memberikan peringatan terhadap petugas kita akibat kejadian ini.

Penumpang Protes, Anggap Rombongan Menhub Hambat Perjalanan Kereta Api

Comments are closed.