Perdamaian Viking dan Jakmania Harus Digarap Matang

Author - June 29, 2012

Perdamaian Viking dan Jakmania Harus Digarap MatangTokoh sepak bola Jawa Barat, Dudi Sutandi, menyambut baik inisiatif perdamaian dua klub suporter, Viking dan Jakmania. Hanya, dia mengingatkan bahwa hal itu tidak mudah sehingga harus dipersiapkan secara matang.

Hal itu dikatakan sewaktu Dudi memberikan pemaparan dalam rapat di Balaikota Bandung, Rabu (27/6/2012). Rapat itu membahas persiapan keberangkatan rombongan Wali Kota Bandung Dada Rosada ke Jakarta untuk menghadiri acara yang digelar Jakmania. “Upaya perdamaian seperti ini sudah sering terjadi, tapi masalahnya tidak semudah bayangan kebanyakan orang,” kata Dudi.

Dia menerangkan, perselisihan ini lebih banyak terjadi di tingkat akar rumput. Tingkat pengurus elite umumnya akrab dan tidak ada masalah.

Dudi mengingatkan, perselisihan ini tidak menyangkut ras atau kedaerahan karena Jakmania yang tinggal di Depok, Bogor, atau Bekasi memegang kartu tanda penduduk Jabar.

Terkait dengan kunjungan ke Jakarta, Dudi meminta Dada tetap memperhatikan aspek pengamanan, tetapi juga berharap seluruh rombongan menggunakan bus untuk menunjukkan kesungguhan niat. Setelah itu, dia juga meminta Ketua Viking Heru Joko membuat spanduk ajakan damai.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S Taryono mengisahkan kondisi terakhir pertandingan Persib melawan Persija di Jakarta. Dia memuji kinerja panitia pelaksana yang menjamin keamanan tim Persib. “Begitu keluar stadion memang ada pelemparan sehingga beberapa kaca pecah, tapi itu adalah ekses,” kata Kuswara.

Kuswara juga meminta agar upaya perdamaian melibatkan semua komponen tanpa ada satu pun yang tertinggal. Yang harus diutamakan adalah bagaimana menyosialisasikan upaya perdamaian hingga ke level paling bawah.

Perdamaian Viking dan Jakmania Harus Digarap Matang

Comments are closed.