Persidangan Film Fitna

Author - October 7, 2010

Persidangan Film Fitna. Berita terbaru, Pengadilan Belanda memutar film Fitna, yang isinya menuduh Alquran menganjurkan kekerasan, dalam proses persidangan terhadap politikus Geert Wilders yang anti-Islam.
Persidangan Film Fitna
Wilders, yang terus dijaga polisi karena mendapat ancaman pembunuhan, diadili sejak Senin (4/10) dengan tuduhan menyulut kebencian dan diskriminasi terhadap muslim melalui komentarnya. Dia juga dianggap menghina muslim karena menyamakan Islam dengan ajaran Nazi.

Wilders bisa diganjar hukuman penjara maksimum satu tahun. Ini terjadi ketika formasi pemerintahan baru Belanda bergantung pada dukungan partainya. Kalau terbukti bersalah pada vonis 4 November, Wilders tidak akan kehilangan kursinya di parlemen. Menurut teori, pengadilan dapat menjatuhkan jenis hukuman yang mencegahnya untuk ikut pemilu parlemen kembali.

Selasa (5/10), anggota parlemen dari faksi Christian Democrat menyetujui pakta koalisi dengan faksi Liberal yang menggantungkan dukungan pada Partai Kebebasan pimpinan Wilders.

Comments are closed.