Pesta Danau Toba 2010

Author - October 20, 2010

Pesta Danau Toba 2010. Berita terbaru, Pagelaran seni budaya tradisional seperti Tortor Tongkat Tunggal Panaluan akan memeriahkan Pesta Danau Toba (PDT) 2010 pada 20-24 Oktober nanti.

Demikian dikatakan Ketua Sanggar Seni Budaya Nauli Whamonangan Sirait kepada wartawan, Senin (18/10), saat persiapan latihan terakhir.

Tortor Tongkat Tunggal Panalauan adalah sebuah tarian yang menggambarkan tongkat sakti yang dimiliki seorang raja di Tanah Batak. Tongkat ini senantiasa dipelihara dan dijaga kesaktiannya oleh raja melalui seorang Datu Panudu (dukun peramal) yang dapat bebicara dengan tongkat itu.

Hamonangan Sirait menjelaskan, pada saat acara pembukaan PDT, Rabu (20/10) di Parapat, pagelaran ini akan dimainkan kelompok Sanggar Seni Budaya Nauli. Pada saat tarian dilakukan, sang dukun akan menari dengan tunggal panaluan dihadapan keluarga raja bersama keluarga istri raja dan pembantu dukun.

Selanjutnya prosesi tarian akan dilakukan dengan menyuguhkan makanan ulihan (sesajen) yang diminta oleh tunggal panaluan. Peran selanjutnya sang dukun dapat berbicara dengan tunggal panaluan, dan pada saat itulah sang dukun menanyakan berbagai hal yang akan terjai sekaitan keadaan kerajaan terutama masalah keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Comments are closed.