Petinggi KPK Diperiksa

Author - June 22, 2010

Petinggi KPK Diperiksa. Berita terbaru, Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi Inspektur Jenderal Polisi Ade Rahardja tak banyak mengetahui tentang penyuapan terhadap pimpinan KPK. Namun Ade hanya mengetahui kasus penyuapan terhadap mantan Ketua Komisi IV DPR Yusuf Ermi Faisal, terpidana kasus korupsi Pelabuhan Tanjung Api-api.

Demikian kesaksian Ade dalam sidang kasus penyuapan terhadap mantan pimpinan KPK atas terdakwa Anggodo Widjoyo di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa (22/6). Ade juga tak mengetahui adanya komunikasi antara Ari Muladi, Anggodo, dan Edy Soemarsono. Ia hanya mengetahui dari rekaman yang diperdengarkan di Mahkamah Konstitusi, 2009 silam.

Dalam pengakuannya juga Ade mengatakan, KPK pernah memeriksa seorang karyawan dari PT Masaro. Ia adalah Direktur Keuangan PT Masaro David Angkawijaya. David diduga memberi uang kepada Yusuf. Uang itu sebagai imbalan atas jasanya membantu persetujuan anggaran pada program revitalisasi gerakan nasional rehabilitasi hutan dan lahan.

Anggodo Widjojo adalah adik dari buronan KPK, Anggoro Widjojo. Anggodo menuding telah memberi uang suap kepada pimpinan KPK, Bibit Samat Rianto dan Chandra M. Hamzah. Suap itu terkait kasus yang membelit Anggoro dalam skandal pengadaan Sistem Komunikasi Radio Terpadu (SKRT) PT Masaro.

Terkait SKRT, Anggoro ditetapkan sebagai tersangka pada Juni 2009 dengan Surat Perintah Penyidikan nomor 25-1-4-2009 tentang perkara terhadap Anggoro Widjojo. Perkara ini sebagai tindak pidana atas pemberian uang kepada anggota Komisi IV DPR dan Dinas Departemen Kehutanan.

Comments are closed.