Pilkada Purworejo

Author - July 31, 2010

Pilkada Purworejo. Berita terbaru, Pemungutan suara dalam Pilkada Purworejo 2010 hari ini diwarnai sejumlah pernak-pernik unik yang menarik perhatian masyarakat. Salah satunya yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 9 Kelurahan Purworejo.
Pilkada Purworejo
Untuk menarik perhatian masyarakat supaya partisipasi pemilih bisa maksimal, para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS yang meliputi RT 1 sampai dengan RT 5 ini mengenakan pakaian wayang orang. Praktis saja suasana di TPS itu penuh dengan nuansa menghibur dan ger-geran. Tingkah laku para petugas yang wajahnya di-make-up seperti tokoh-tokoh dari negeri Ngastinapura itu memancing perhatian para pemilih untuk mendatangi TPS.

Tokoh-tokoh yang ditampilkan antara lain Bagong yang bertugas sebagai petugas pendaftar menyambut para pemilih yang datang. Werkudoro diperankan oleh Ketua KPPS Subekti. Juga ada tokoh petruk yang menjaga kotak suara dan semar yang bertugas mengawasi penyelupan tinta.

Yang paling membuat ger adalah petugas yang mengawasi bilik suara. Badannya yang tambun memerankan tokoh pewayangan antagonis Burisrowo. Tokoh ini hanya diam tertunduk dan sesekali meraung membuat anak-anak dan para pemilih tertawa karena merasa terhibur.

Selain kostum unik yang dikenakan, untuk mendukungnya setiap pemanggilan nama-nama pemilih juga menggunakan gelar-gelar kebangsawanan keraton Jawa. Seperti raden, dimas, diajeng, dan ingkang sinuwun. Bahasa yang digunakan juga bahasa krama Jawa halus. Di setiap jeda waktu didengarkan lagu-lagu gending Jawa yang biasa diperdengarkan dalam setiap pentas pewayangan.

Ketua KPPS Subekti menjelaskan, ide membuat tampilan TPS unik itu dilatarbelakangi oleh partisipasi pemilih dalam Pileg dan Pilpres 2009 lalu yang relatif kecil. “Kami ingin partisipasinya bisa maksimal,” katanya.

Akhirnya, Jumat (30/1) kemarin diputuskan menampilkan konsep wayang orang. Semua kostum dan make-up disewa secara swadaya. Hasilnya ternyata cukup jitu. Banyak masyarakat yang awalnya enggan ke TPS bersedia datang menggunakan hak pilihnya.

Ditambahkan, jumlah keseluruhan daftar pemilih tetap di TPS itu sebanyak 529 orang. Dia optimis partisipasi pemilih bisa di atas 90 persen. “Hanya warga yang di luar kota yang tidak pulang mungkin yang tidak menggunakan hak pilihnya. Kalau warga yang di sini sepertinya datang semua,” tandasnya.

Comments are closed.