Prancis Sambut Baik Terpilihnya Lagarde Jadi Pemimpin IMF

Author - July 2, 2011

HarianBerita – Terpilihnya Menteri Keuangan Christine Lagarde menjadi pimpinan IMF disambut baik oleh negaranya sendiri. Perancis menilai diangkatnya Lagarde menjadi direktur pelaksana International Monetary Fund (IMF)merupakan kehormatan besar bagi negara mereka.

“Soal Lagarde, untuk Prancis ini suatu kehormatan,” kata Perdana Menteri Prancis, Francois Fillon, usai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 1 Juli 2011 seperti dikutip dari detik Sabtu 2/7/2011.

Lagarde sendiri merupakan menteri keuangan perempuan pertama di Prancis dan memegang mandat terlama di Prancis. Christine Lagarde, yang berusia 55 tahun, resmi terpilih sebagai perempuan pertama yang menjadi direktur pelaksana IMF. Dia menggantikan Strauss-Kahn yang mundur akibat skandal seks.

Dewan Eksekutif IMF memilih Christine Lagarde untuk menjadi direktur pelaksana IMF dan ketua dewan eksekutif. Lagarde menduduki jabatan tersebut untuk masa jabatan lima tahun mulai 5 Juli 2011. Yang membanggakan, Lagarde merupakan perempuan pertama yang menduduki jabatan tertinggi sejak IMF didirikan pada 1944.

Comments are closed.