Pria Berseragam Polisi Afghan Tembak Mati 3 Tentara NATO

Author - July 2, 2012

Pria Berseragam Polisi Afghan Tembak Mati 3 Tentara NATO, Dengan berseragam Kepolisian Afghanistan, seorang pria menembaki kerumunan tentara NATO di wilayah selatan negara tersebut. Aksi ini menewaskan 3 tentara NATO yang sedang berpatroli.

“Seorang pria yang mengenakan seragam Kepolisian Nasional Afghan menembaki tentara NATO International Security Assistance Force (ISAF) di wilayah selatan Afghanistan, menewaskan 3 personel,” demikian pernyataan ISAF seperti dilansir oleh AFP, Senin (2/7/2012).

Namun sayangnya, ISAF tidak menyebutkan lebih lanjut kewarganegaraan 3 tentara yang tewas tersebut. Juru bicara ISAF hanya menyatakan pelaku penembakan telah ditahan pasca beraksi.

Kasus ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut. Pihak ISAF tengah berusaha mengidentifikasi pelaku, apakah pria bersenjata tersebut benar-benar anggota kepolisian Afghan atau bukan.

Insiden seperti ini bukan yang pertama kalinya menimpa tentara NATO di Afghanistan. Aksi penembakan yang disebut penembakan ‘green-on-blue’, di mana tentara Afghan menyerang tentara-tentara asing yang sebenarnya merupakan koalisi mereka, terbilang cukup sering terjadi. Sekitar 2 minggu sebelumnya, seorang tentara AS di Afghan tewas ditembak oleh 3 pria berseragam kepolisian Afghan.

Tercatat, total 26 tentara NATO di Afghanistan tewas dalam aksi penembakan semacam ini sepanjang tahun 2012. Sebagian besar aksi telah diklaim oleh militan Taliban di negara tersebut. Mereka mengakui ada sejumlah anggotanya yang sengaja menyusup ke dalam militer Afghan dan kemudian melakukan penembakan terhadap tentara asing.

Untuk mengatasi hal ini, pihak ISAF sebenarnya telah melakukan sejumlah upaya pencegahan dengan meningkatkan pengawasan. ISAF menerjunkan sejumlah personelnya sebagai ‘guardian angels’ yang bertugas mengawasi para tentara yang sedang tidur. Hal ini untuk mengatisipasi keberadaan penyusup di antara tentara-tentara tersebut.

Saat ini, NATO memiliki total 130 ribu personel di Afghanistan yang bekerja sama dengan 350 ribu personel militer Afghanistan dalam memerangi kelompok militan Taliban. Namun sebagian besar akan ditarik pulang ke negara asal masing-masing pada akhir tahun 2014 mendatang.

Pria Berseragam Polisi Afghan Tembak Mati 3 Tentara NATO

Comments are closed.