PSB OnLine

Author - July 6, 2010

PSB OnLine. Berita terbaru, Sejak dibuka pada 1 Juli pukul 00.00 kemarin, penerimaan siswa baru (PSB) online langsung diserbu ribuan pendaftar. Sampai tadi malam pukul 19.00, sudah masuk sekitar 20 ribu pendaftar.

Rinciannya, 12.318 pendaftar SMP, 3.900 SMA, dan 6.094 SMK. Dengan jumlah sebanyak itu, bila dirata-rata, setiap detik ada lima pendaftar yang masuk.

Ketua PSB Surabaya Ruddy Winarko mengatakan, fenomena pendaftaran tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu. Menurut dia, pada pendaftaran tahun lalu, begitu dibuka, situs resmi PSB online langsung diakses ribuan orang. “Sekarang masyarakat terdidik mengatur waktu pendaftaran. Mereka bisa memilih waktu-waktu di mana akses dilakukan dengan lancar,” ucap Ruddy kemarin (1/7).

Dia mengungkapkan, dalam proses pendaftaran via online itu tak ditemukan keruwetan berarti. Panitia juga tidak mengeluhkan sistem internet yang lambat. Maklum, persiapan PSB tahun ini cukup bagus. Setidaknya, Dispendik menyiapkan 31 server, yang terbagi di beberapa tempat, seperti Telkom, ITS, dan Radnet. Bandwidth yang disiapkan untuk kelancaran PSB tahun ini juga nyaris tak terbatas. “Secara teknis tak ada persoalan,” jelasnya.

Ruddy mengungkapkan, selama putaran PSB tahun ini, pihaknya sudah mempelajari tahap yang membutuhkan bandwidth besar. “Yang terbesar adalah saat pendaftaran rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI).”

Dia menambahkan, hingga kemarin masih ada masyarakat yang mengeluhkan sistem PSB online. Mereka merengek-rengek kepada panitia untuk mengubah pilihan sekolah yang dituju. “Tapi, kami tidak bisa melayani yang begitu,” jelas Ruddy. Sebab, jauh-jauh hari dia sudah mengingatkan agar publik lebih jeli memilih sekolah. Mereka yang nilainya pas-pasan jangan terlalu memaksakan diri ke sekolah favorit. Sebab, nilai mereka akan terdesak oleh siswa yang nilainya lebih bagus.

Untuk memudahkan pendaftar, PSB online kemarin juga dibuka di beberapa pusat perbelanjaan. Salah satunya di Hi Tech Mall,. Di pusat perbelanjaan itu PSB belum menarik banyak perhatian calon siswa baru SMP dan SMA/SMK. Sejak pukul 10.00 hingga pukul 15.00, hanya lima siswa yang tercatat mendaftar via internet di stan yang dijaga dua mahasiswa Stikom itu.

“Baru dua siswa yang mendaftar SMK, satu siswa mendaftar SMA, dan sisanya pendaftar SMP,” ungkap Satiti Dewi, mahasiswa semester enam jurusan sistem komputer yang menjaga stan tersebut.

Dia mengatakan, tujuan adanya PSB online di Mall adalah untuk mendekatkan sistem tersebut dengan masyarakat. Di samping itu, siapa yang tidak memiliki internet atau merasa belum paham cara mengakses internet sendirian bisa datang untuk mendapat bimbingan secara gratis.

“Hanya membawa nomor unas dan nomor pin dari sekolah. Klik-klik-klik, muncul berapa perintah di layar, jadi deh,” ungkap Satiti. Menurut rencana, hingga 3 Juli mendatang tersedia stan PSB online di sebelah timur lantai dua Hi Tech Mall tersebut.

Comments are closed.