PT KAI Siapkan 58 Rangkaian Kereta Dalam Menyambut Mudik Lebaran

Author - July 22, 2012

PT KAI Siapkan 58 Rangkaian Kereta Dalam Menyambut Mudik Lebaran, Kereta api menjadi salah satu transportasi mudik favorit masyarakat ibukota. Pihak PT KAI sendiri menyiapkan 58 rangkaian kereta dalam mengantarkan warga ibukota pulang ke kampung halaman mereka di pulau Jawa.

“Kita siapkan rangkaian kereta reguler sebanyak 48 dan 10 rangkaian tambahan,” kata Kepala Humas PT KAI DAOPS I, Mateta Rizalulhaq, kepada detikcom, Sabtu (21/7/2012).

48 rangkaian tersebut berarti 21.452 kursi yang telah disiapkan, sedangkan 10 rangkaian tambahan berarti 6427 kursi tambahan. Namun PT KAI memperkirakan jumlah pemudik yang akan menggunakan jasa kereta api adalah sekitar 28.000 orang.

“Kursinya sekitar 21.452 dan tambahannya berkapasitas 6.427 kursi. Perkiraan kita jumlah calon penumpang sekitar 28.000 orang,” papar Mateta.

Namun pihak PT KAI tidak akan menjual tiket kereta mudik mulai H-5 hingga H+3 lebaran. Hal ini dikarenakan tiket dengan tujuan seluruh pulau Jawa hampir habis terjual dan PT KAI tidak menjual tiket tanpa tempat duduk.

“Kita tidak menjual tiket tanpa tempat duduk, prioritas kita menjual tiket sesuai kapasitas, dan penjualan tiket bisa dibeli 90 hari dari hari keberangkatan,” papar Mateta.

Mateta meminta para pemudik yang hendak menggunakan kereta api agar tidak memaksa mudik menggunakan kereta api jika tidak memiliki tiket. Ia juga menyampaikan tiket mudik kereta api tahun ini tidak bisa dibeli pas pemudik hendak berangkat.

“Karena kereta api itu angkutan terbatas, pada hari H calon penumpang yang tidak kebagian tiket tidak usah memaksakan. Kalau dulu bisa beli dadakan, tapi sekarang tidak bisa,” ungkap Mateta.

Mateta menjelaskan tiket untuk keberangkatan tanggal 16 Juli hingga 18 Juli sendiri sudah habis. Para calon penumpang saat ini banyak yang memesan untuk tanggal sebelumnya, namun untuk beberapa tujuan juga telah habis.

Untuk keberangkatan tanggal 16, 17, dan 18 Juli sudah habis, sekarang mereka bergeser tanggal 15 Juli dan 14 Juli. Cuma untuk tujuan seperti Surabaya dan Jogja pada tanggal 14-15 Juli juga sudah tinggi ya.

PT KAI Siapkan 58 Rangkaian Kereta Dalam Menyambut Mudik Lebaran

Comments are closed.