Puasa Ramadhan 2011 (Pembahasan, Makna, Manfaat, Lainnya)

Author - August 1, 2011

Puasa Ramadhan 2011 (Pembahasan, Makna, Manfaat, Lainnya), selamat berbuka puasa para pembaca harian berita semua. Sebelumnya kami sudah memberikan informasi tentang jadwal puasa ramadhan 2011, anda bisa menyimpan jadwal tersebut di laptop atau komputer anda. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang puasa ramadhan 2011, makna dari bulan ramadhan, manfaat dan lainnya.

Baik kita mulai dari makna bulan ramadhan terlebih dahulu,

Apa makna atau arti dari bulan ramadhan?, bulan ramadhan adalah bulan penuh hikmah dan bulan suci yang penuh hikmah, yang dimana apabila kita melakukan kebaikan maka akan dilipat gandakan. Banyak orang yang berpendapat bahwa, perbanyaklah kebaikan dibulan ini. Sebenarnya menurut saya, bulan ramadhan adalah bulan yang mengajarkan diri kita untuk membiasakan diri untuk melakukan hal-hal baik dan menjauhi larangan dari ALLAH SWT. Melakukan kebaikan tidak hanya harus di bulan ramadhan saja bukan, tapi pada bulan ramadhan inilah kita bisa belajar memaksimalkan diri kita untuk melakukan hal tersebut.

Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, apa makna dari perkataan tersebut?. Ada yang mengatakan bahwa pada bulan ini do’a seseorang akan lebih dikabulkan daripada berdo’a di bulan lainnya. Sebenarnya maksud dari perkataan tersebut adalah, pada bulan ini seseorang akan lebih dilatih keimanannya. Bisa saja lebih banyak cobaan yang akan datang, kita harus ingat bahwa kesulitan, kesenangan, kesengsaraan adalah bagian dari cobaan. Jadi di saat itulah kita akan diuji oleh Yang Maha Kuasa…

Bulan ramadhan juga bermakna bulan pembersihan dosa, yang dimana dosa-dosa kita akan dihapuskan pada bulan ini khususnya pada malam lailatul qadar (dosa akan dihapuskan apabila kita tahu apa yang harus kita lakukan pada malam tersebut).

Bulan ramadhan adalah bonus tersendiri bagi kaum muslim atau umat nabi Muhammad, yang dimana bulan suci ini hanya diberikan kepada umat islam saja. Hal tersebut ditujukan agar umat islam menjadi lebih baik di mata ALLAH SWT.

Apa manfaat dari bulan ramadhan?

ada banyak manfaat di bulan ramadhan ini, diantaranya adalah :

– melatih kesabaran seseorang untuk menghadapi cobaan yang ada dan secara tidak langsung akan mengajarkan orang tersebut untuk belajar bertahan dan mencari jalan keluarnya
– melatih diri untuk berbuat kebaikan, adanya pahala yang berlipat ganda apabila melakukan kebaikan mengajarkan kita untuk saling berpacu untuk melakukan kebaikan tersebut
– menahan rasa marah dan benci yang akan membuat seseorang akan lebih dewasa
– memupuk kebersamaan yang bermaksud bahwa setiap manusia itu sama, kita harus merasakan apa yang dirasakan oleh orang yang tidak bisa makan dan minum secara layak
– memberikan waktu lebih kepada kita untuk berkumpul bersama keluarga. Ada banyak keluarga yang tidak sempat untuk saling berbagi, pada bulan ramadhan inilah kesempatannya.
– mengurangi penyakit di dalam tubuh, hal ini sudah terbukti secara medis bahwa seseorang yang melakukan puasa maka akan melatih tubuhnya untuk lebih kuat dan secara tidak langsung akan menghilangkan penyakit yang ada di tubuhnya.

Masih banyak pembahasan tentang arti dan manfaat ramadhan ini, anda bisa bertanya kepada orang yang mengerti tentang hal ini…salam.

Comments are closed.