Rekomendasi Saham Hari Ini (31/3)

Author - March 31, 2011

Rekomendasi Saham Hari Ini (31/3)Berita Terbaru, Perdagangan di Bursa Saham Indonesia pada hari ini (31/3), diperkirakan masih akan melanjutkan penguatan pada sektor perbankan dan tambang batu bara. Kedua sektor tersebut bisa menjadi pilihan bagi para investor hari ini. Menurut salah seorang analis pasar modal mengatakan bahwa kemungkinan besar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini masih akan menguat karena sentimen ekspektasi deflasi Maret yang dipicu oleh turunnya harga barang memasuki panen raya dan apresiasi rupiah terhadap dolar AS.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Hartadi A Sarwono sudah mengkonfirmasi adanya deflasi. Faktor panen raya menjadi kunci utama deflasi bulan ini, karena siklus tahunan itu diyakini menurunkan harga-harga bahan pangan. “Untuk bulan Maret bisa deflasi, tetapi jangan kaget karena mungkin year on year-nya masih bisa tinggi. Karena tahun lalu itu deflasi Maret cukup besar,” ujarnya.

Sementara itu, imbuh Robby, sentimen laporan keuangan emiten juga masih berlanjut, sehingga menambah kekuatan apresiasi indeks. Di tengah situasi ini, ia merekomendasikan saham perbankan seperti Bank Tabungan Pensiun Negara (BTPN), Bank Jabar Banten (BJBR), Bank Central Asia (BBCA). “Rekomendasi beli untuk saham-saham ini,” katanya.

Selain sektor perbankan, Robby juga melihat saham batu bara masih menarik. Hal ini dipicu penguatan harga komoditas akibat tingginya harga minyak mentah dan permintaan dari negara-negara Asia. Saham tambang pilihannya adalah Adaro Energy (ADRO), Borneo Energy (BORN) dan TB Bukit Asam (PTBA).

Pada perdagangan Rabu (30/3), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 49,46 poin (1,38%) ke 3.640,97. Perdagangan di Bursa Efek Indonesia didukung volume transaksi sebesar 4,071 miliar lembar saham, senilai Rp 4,75 triliun dan frekuensi 124.446 kali.

Sebanyak 156 saham naik, 68 saham turun, dan 85 saham stagnan. Penguatan bursa didukung aksi beli asing yang mencatatkan nilai transaksi beli bersih (net foreign buy) sebesar Rp161 miliar. Dimana transaksi beli mencapai Rp1,393 triliun dan transaksi jual sebesar Rp1,231 triliun.

Comments are closed.