Rekomendasi Saham Hari Ini (8/4)

Author - April 8, 2011

Rekomendasi Saham Hari Ini (8/4)Berita Terbaru, Situasi pada perdagangan hari ini (8/4) di Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan masih menunjukkan penguatan. Aksi pembelian saham masih ramai dilakukan oleh para investor di pasar modal. Saham apa sajakah itu? Menurut Robin Setiawan, seorang analis dari sekuritas asing di Jakarta mengatakan bahwa IHSG masih mencoba melanjutkan penguatan pada transaksi hari ini dan mencoba menembus level tertinggi di kisaran 3.780. Sebab, sektor tambang dan infrastruktur diprediksi ramai transaksi.

“Selain itu, pergerakan bursa regional saat ini tidak berpengaruh banyak dan cenderung stabil,” kata dia.

Sektor tambang dan infrastruktur akan ramai transaksi, menurut dia, dipicu kenaikan harga-harga komoditas di pasar dunia yang disebabkan tersendatnya dan lambatnya pengiriman atas permintaan produksi tambang. Sedangkan infrastruktur, terkait gencarnya program pemerintah yang menganggap sektor ini belum maksimal.

“Berbagai proyek akan dihelat pada agenda Infrastructur Summit 2011 yang tidak lama lagi digelar, di mana Indonesia menjadi tuan rumah,” ujar Robin.

Robin merekomendasikan, saham-saham tambang dan infrastruktur tersebut antara lain PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), dan PT Citra Marga Nusaphala Tbk (CMNP).

Gina Novrina Nasution, analis PT Reliance Securities Tbk juga berpendapat, untuk perdagangan hari ini saham-saham yang bakal menjadi pilihan pemodal antara lain di sektor tambang dan energi seperti PGAS dan PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU).

“Sektor infrastruktur yakni TBIG (PT Tower Bersama Infrastructure Tbk) juga menarik,” kata dia.

Selain ditinjau dari sisi teknis, dia menambahkan, cenderung menguat harga sahamnya, fundamental yang menjanjikan turut menjadi alasan investor dalam memburu saham-saham tersebut.

Sementara itu, berdasarkan data Bursa Efek Indonesia kemarin, Kamis 7 April 2011, IHSG ditutup menguat tipis 2,78 poin atau 0,07 persen ke level 3.730,58.

Terlihat, penguatan IHSG ditopang peningkatan harga di sektor perkebunan, tambang, barang konsumsi, properi, dan keuangan. Sedangkan industri infrastruktur terkoreksi.

Saham dengan kode PGAS berada di urutan keenam saham teraktif, dengan ditransaksikan sebanyak 2.866 kali. Harga saham naik Rp75 (1,94 persen) menjadi Rp3.925. Saham pelat merah tersebut menyisakan sisa penawaran beli mencapai 49.514 lot, dengan transaksi yang terjadi sebanyak 148.425 lot.

Kemudian saham TBIG menduduki posisi sembilan saham paling banyak ditransaksikan dengan mencatat sebanyak 2.430 kali. Di mana harga saham juga menguat Rp150 atau 6,74 persen ke level Rp2.375. Saham tersebut berhasil membukukan transaksi yang terjadi mencapai 124.356 lot dan menyisakan sisa penawaran beli sebanyak 55.794 lot.

Comments are closed.