Rossi: Ducati Mulai Pulih dari “Penyakit”

Author - July 16, 2012

Rossi: Ducati Mulai Pulih dari “Penyakit”, Valentino Rossi menegaskan bahwa Ducati sudah mulai pulih dari “penyakit”. Hasil GP Italia, Minggu (15/7/2012), menjadi bukti bahwa tim Italia tersebut sudah bisa bersaing di barisan depan.

Sayang, dalam balapan 23 lap tersebut, baik Rossi maupun rekan setimnya, Nicky Hayden, tak mampu naik podium. Rossi, yang start dari urutan ke-10 finis di posisi kelima, sedangkan Hayden, yang start dari urutan keempat, finis di posisi ketujuh. Pautan waktu pun masih sangat jauh. Rossi tertinggal 11,7 detik dari pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, yang meraih kemenangan di Sirkuit Mugello.

“Kami senang dengan hasil ini karena posisi kelima tidak terlalu buruk. Di samping itu juga karena tipe balapan: karena saya memiliki kecepatan yang bagus hingga finis,” ujar Rossi, yang tak terkalahkan di sirkuit ini dari 2002 hingga 2008, sebelum dihentikan Casey Stoner.

“Itu merupakan balapan kedua di mana saya bisa bertahan dalam irama yang bagus sampai lap-lap terakhir dan itu sangat penting bagiku.”

Pebalap Italia ini mengatakan, salah satu masalah terbesarnya sekarang adalah ketidaknyamanan dengan ban Bridgestone lunak, yang membuatnya tak berdaya saat kualifikasi. Rossi tak pernah bisa lebih tinggi dari posisi ketujuh selama kualifikasi musim 2012.

“Kami selalu sangat kesulitan dalam latihan karena para pebalap lain mampu memperbaiki kecepatan dan penampilan mereka dengan ban lunak,” terang juara dunia tujuh kali MotoGP ini,” ujar Rossi.

“Bagiku, saya selalu menghadapi masalah dengan front end dan kehilangan banyak waktu ketika memakai ban lunak. Saya tak bisa menggunakan grip tambahan karena grip tambahan pada roda belakang justru membuat masalahku lebih buruk,” paparnya.

“Sejauh musim ini, kami mengalami banyak kesulitan selama latihan. Dengan posisi yang lebih bagus di grid dan start yang lebih baik, saya seharusnya bisa bertarung untuk merebut podium.”

“Memang, tentunya sangat penting bisa meraih podium dengan Ducati di sini, di Mugello. Akan tetapi, ini masih positif bagi tim. Kami optimistis karena kecepatannya bagus dan tampaknya kami memiliki landasan yang lebih baik untuk memperbaiki motor.”

Hayden juga sempat bertarung untuk merebut podium, tetapi akhirnya finis di urutan ketujuh. Dia membuat kesalahan saat beradu kecepatan dengan pebalap LCR Honda, Stefan Bradl, untuk bersaing dengan pebalap Yamaha Tech 3, Andrea Dovizioso, dalam perebutan posisi ketiga.

“Tujuh atau delapan lap terakhir, saya benar-benar melihat bahwa mereka berada dalam jangkauanku,” terang juara dunia 2006 ini. “Saya berpikir bahwa saya memiliki kesempatan untuk naik podium hari ini. Ketika saya melewati Bradl, saya tak berusaha untuk menahan atau menutupnya. Saya hanya berusaha untuk berpikir tentang mengejar Dovi.”

Berpikir berada di podium dalam balapan dengan Ducati di Italia adalah hal luar biasa sehingga mengakhiri balapan di posisi ketujuh cukup menyakitkan karena kami, baik tim maupun saya, bisa meraih yang lebih lagi. Namun, ini gap terbaik yang saya capai dengan para pebalap di depan pada musim ini.

 Rossi: Ducati Mulai Pulih dari "Penyakit"

Comments are closed.