Saatnya Penarikan Pasukan

Author - June 17, 2010

Saatnya Penarikan Pasukan. berita terbaru, akhirnya waktu meninggalkan Republik Demokratik Kongo sudah tiba, sejumlah penjaga perdamaian PBB mulai meninggalkan Republik itu, sebagai bagian dari pengurangan kecil tapi simbolis tentara sebelum ulang tahun ke50 kemerdekaan negara itu pada 30 Juni.

Sudah ada sekitar 100 tentara dari batalion yang memiliki 458 tentara Senegal, yang ditempatkan di bagian timur negara itu bersama misi PBB MONUC, menjadi kelompok pertama yang pergi setelah tugas selama 15 bulan. Sisanya akan menyusul pada akhir bulan ini.

Saatnya Penarikan Pasukan

Mulai 1 Juli, MONUC akan diberi nama baru MONUSCO dan akan memusatkan perhatiannya pada perlindungan warga sipil. Misi itu telah berkomitmen untuk menarik sebanyak 2.000 tentaranya pada akhir Juni, tergantung pada situasi keamanan.

Pemerintah sebelumnya telah minta penarikan hampir 21.000 tentara MONUC — pasukan terbesar PBB — pada 2011, tapi mengatakan pada Mei lalu bahwa mereka puas dengan rencana segera bagi 2.000 tentara untuk pergi sebelum ulang tahun ke50 kemerdekaan negara itu dari penguasa kolonial Belgia. (didik)

Comments are closed.