Samudera Baru Afrika

Author - December 13, 2010

Samudera Baru AfrikaBerita Terbaru, Menurut perkiraan dari sejumlah peneliti dari Royal Society, kelompok ilmiah asal London, Inggris, akan muncul sebuah samudera baru di Benua Afrika. Hasil ini dilihat dari munculnya keretakan tanah yang terjadi di kawasan Ethiopia pada tahun 2005. Hingga saat ini, retakan tersebut semakin melebar hingga mencapai 8 meter dalam 10 hari. Diperkirakan saat ini retakan tersebut sudah mencapai panjang 60 kilometer.

Hal ini tidak biasa terjadi, karena seharusnya jika dalam kondisi normal, butuh waktu sekitar 230 tahun agar keretakan dapat mencapai lebar 8 meter. Namun di kawasan Ethiopia ini hanya membutuhkan 10 hari saja untuk mencapai selebar itu. Menurut para geolog yang meneliti hal tersebut mengatakan jika nantinya Benua Afrika akan terbelah menjadi dua bagian. Namun mereka memperkirakan, belahan tersebut akan terjadi dalam waktu 10 juta tahun ke depan.

“Ini merupakan hal yang luar biasa,” kata Dr Tim Wright, ketua tim peneliti, yang telah mengamati retakan di Afar selama 5 tahun terakhir, seperti dikutip dari TG Daily, 12 Desember 2010. “Benua ini kini terbelah tepat di bawah kaki kita,” ucapnya.

Comments are closed.