SBY Resmikan Monumen Pahlawan Johanis Leimena di Ambon

Author - June 9, 2012

SBY Resmikan Monumen Pahlawan Johanis Leimena di Ambon, Pahlawan nasional Johanis Leimena memiliki tempat khusus di hati rakyat Maluku. Karena itu, dibuatlah sebuah monumen khusus untuk mengenang mantan wakil perdana menteri era Soekarno tersebut.

Pagi ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan patung Om Jo-sapaan akrab bagi Johanis semasa hidup. Lokasi patung terletak di pertigaan Durian Pakah-Poka-Laha, Maluku. Hadir dalam acara ini, wakil ketua MPR Melanie Leimena selaku putri Johanis Leimena dan ahli waris, menteri kabinet Indonesia Bersatu Jilid II dan pejabat setempat.

“Kehadiran patung ini tidak dimaksudkan untuk mengkultuskan pahlawan Leimena, tapi untuk mengenang perjuangan beliau,” kata SBY di depan ratusan warga Ambon.

Patung setinggi lima meter itu dikerjakan oleh salah satu dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung (ITB). Patung dari perunggu tersebut dikirim dari Pati, Jawa Tengah. Anggaran pembuatan patung bergambar Om Jo sambil memegang buku itu menghabiskan Rp 980 juta.

Dokter Johanis Leimena adalah tokoh asal Maluku yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh SBY melalui keputusan No.52/TK tahun 2010. Pria yang dekat dengan Bung Karno tersebut lahir di Desa Ema, Kecamatan Leitimur Selatan, kota Ambon pada 6 Maret 1905 dan meninggal dunia dalam usia 72 tahun di Jakarta 29 Maret 1977. Dia pernah menjabat sebagai menteri, wakil menteri, hingga wakil perdana menteri.

Selain meresmikan monumen, SBY juga menandatangani prasasti proyek-proyek pemerintah di Maluku. Di antaranya, jalan, masjid, pelabuhan, dan bendungan. Nilai proyek tersebut lebih dari Rp 1 triliun.

Kita juga meresmikan selesainya berbagai proyek di Maluku. Proyek ini didanai negara oleh APBN dan APBD. Dengan selesainya proyek ini, akses rakyat ke sarana ekonomi, pendidikan, olahraga dan peribadatan semakin mudah. Tutur SBY.

Acara selesai pukul 09.00 WIT. Setelah ini, SBY akan bertolak ke Bali untuk melakukan kunjungan kerja lainnya. Tetapi SBY meresmikan dulu Monumen Pahlawan Johanis Leimena di Ambon sebelum mengunjungi kerjanya yang lain.

SBY Resmikan Monumen Pahlawan Johanis Leimena di Ambon

Comments are closed.