Sekarang Modal KTP Ibu Hamil Bisa Bersalin Gratis

Author - March 5, 2011

Sekarang Modal KTP Ibu Hamil Bisa Bersalin Gratis – Sungguh mengemberikan,di tahun 2011 pemerintah Indonesia telah memberikan biaya gratis bagi ibu hamil,dari pemerikasaan, persalinan dan pelayanan selama masa nifas ibu hamil. Untuk memperoleh Jaminan Persalinan ini cukup dengan syarat KTP.

“Jaminan persalinan ini untuk semua ibu hamil yang mau pakai termasuk yang tidak punya Jamkesmas, kecuali ibu hamil yang sudah punya jaminan persalinan lain seperti Askes pada PNS atau yang ditanggung oleh perusahaan swasta,” jelas drg Usman Sumantri, Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan sperti dilansir dari detikhealth.

Menurut drg Usman, untuk mendapatkan Jaminan Persalinan ini ibu hamil hanya perlu menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan akan dilayani meski tidak memiliki Jamkesmas.

Secara detail, untuk pemeriksaan kehamilan tanpa penyulit (gangguan tertentu), persalinan normal dan pelayanan selama masa nifas dapat di lakukan di:
1. Puskesmas Rawat Inap
2. Bidan Desa-Polindes
3. Bidan praktik
4. Rumah Bersalin Swasta
5. Klinik Swasta

Sedangkan untuk persalinan dengan penyulit, emergensi dan komplikasi disediakan di:
1. Puskesmas dengan fasilitas PONED (Pelayanan
2. Obstetri Neonatal Emergensi Dasar)
3. Rumah Sakit dengan fasilitas PONEK (Pelayanan Obtetri Neonatal Emergensi Komprehensif)

drg Usman menjelaskan, Jaminan Persalinan ini mencakup pemeriksaan kehamilan selama hamil yang diperiksa sebanyak 4 kali, biaya persalinan baik normal atau dengan penyulit, serta pelayanan selama masa nifas yang dijamin hanya 3 kali.

Sedikit informasi sumber dana dari Program Jaminan Persalinan ini berasal dari APBN yang bergabung dengan Program Jamkesmas.

Comments are closed.